2 Okt 2016

Yang lain Kuliah buat Kerja, Kalo gue?



Akhirnya gue kuliah lagi setelah tiga tahun lulus dari SMK. Gak kebayang kan gimana kondisi otak gue setelah nggak dipergunakan selama tiga tahun lebih, KARATAN! Itu udah pasti. 

Lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan, gue memutuskan buat kerja. Keputusan gue buat kerja, bukan semata-mata karena gue pengen kerja, justru sebaliknya, gue malah pengen banget ngelanjutin sekolah lagi ke Perguruan Tinggi. Dan gue emang nggak pernah ngutarain tentang keinginan itu sama ibu gue, karena gue paham kondisi ekonomi keluarga yang nggak memungkinkan. 

Beda sama klean-klean yang lulus Sekolah Menengah langsung bisa lanjut kuliah tanpa mikir biaya. Waktu itu gue ngambil jurusan AKUNTANSI, padahal gue sendiri masih belum tau passion gue passion gue apa. Nah loh?! Gada hubungannya kan? Jadi gini, Di SMK tempat gue sekolah dulu cuma ada dua jurusan aja ; Teknik Mesin Industri dan Akuntansi, menurut gue, Akuntansilah yang paling cocok dengan gender gue. 

Tiga tahun gue bergelut dengan angka-angka tak kasat mata, yang jumlahnya bukan serebu duarebu lagi :’) ratusan juta men. Karena di Akuntansi kita lebih dominan diajak berhayal dengan contoh-contoh soalnya, yang justru bikin gue nggak mudeng-mudeng karena duitnya cuma berupa tulisan doang, coba kalo duit beneran, pasti melek nih mata. haha bohong ding.

Perlahan-lahan tapi pasti mulai terlihat ada perubahan dalam diri gue, mulai dari tingkah laku sampe pola pikir karena kebanyakan ngayal. Yang tadinya kalo bel pulang sekolah langsung pulang ke rumah, gue pasti nongkrong dulu di warung sambil minum teh sisri, atau yang lebih ekstrem lagi, gue lebih sering di temukan berada di are-area yang wifinya kenceng, daripada di kelas. Memprihatinkan banget ya, gue.

Nggak kerasa waktu bergulir dengan cepatnya, tau-tau besok udah penguman kelulusan. Jujur, gue waktu itu deg-degan, dan sampe sekarangpun masih deg-degan. Gue belum siap kalo harus berhenti deg-degan.halah ~  gue lulus dengan nilai yang biasa-biasa aja, tapi yang gue banggain adalah, setelah gue lulus gue bisa langsung kerja, padahal Ijazah aja belum keluar, jangankan Ijazah, acara perpishan sekolah aja gue nggak bisa ikutan.

Keuntungan bersekolah SMK adalah, SMK punya semacam Bursa Kerja Khusus buat penyaluran kerja untuk para lulusannya. Jangan salah, walaupun sekolah gue dicap sebagai sekolah kacangan, yang katanya masuk jam sembilan pagi dan pulang jam sepuluh  pagi (padahal itu cuma hoax doang sumpah, jam itu berlaku kalo pas pembagian Rapor doang kok), tapi BKKnya joss. Sekolah-sekolah yang katanya unggulan aja nyalurin kerjanya lewat sekolah gue. Dari situ gue percaya, dimanapun kalian bersekolah, maka kalian akan pake seragam. Apaansih -_-

Singkat cerita, SINGKAT APAAN WOY! Dari gue lulus SMK sampe detik sekarang gue ngetik ini, gue masih kerja ditempat yang sama. Kasarnya gue terjebak di dalam zona nyaman lah. Gitu tah nya, akang, eteh.

Niat gue buat ngelanjutin sekolah Perguruan Tinggi masih gue ke-pending diawal-awal gue kerja. Gue harus nabung dulu, gitu kan ya? Tapi apalah daya ini, ternyata nabung itu nggak segampang yang gue kira, karena selalu ada aja kebutuhan baik yang bener-bener urgent ataupun yang di-urgent-urgent kan.

Dan pada akhirnya, di tahun 2016 inilah gue dikasih kesempatannya sama Allah SWT untuk mewujudkan apa yang gue impikan dari dulu. Minta tissue dong gaes :’’) Walaupun udah sedikit, ehem ketuaan. Emang bener ya, yang namanya waktu itu nggak bisa di puter ulang, padahalmah sekarang juga sama aja, gue kuliah ngandelin nekat doang, nggak ada tuh yang namanya nabung-nabungan, ternyata segala sesuatu kalo udah dijalanin pasti bakalan nemu aja jalannya. Tissue lagi dong!

Sedikit terlambat, gue daftar kuliah ketika pendaftaran gelombang dua udah ditutup, lumayan kampret juga sih. Soalnya biaya tiap gelombang itu ternyata emang beda.

Tanggal 18 September gue OSPEK. Sebelum Ospek, gue udah beberapa kali ke Kampus buat persiapan Ospek. Mulai kenalan lagi sama banyak orang-orang baru. Kebetulan gue nggak sendiri, ada salah satu temen gue, namanya Meta. Dia sama kayak gue, alumni tahun 2013, kerja di tempat yang sama  bareng gue. ya, seengaknya dan seiyanya ada yang masih senasip dan sepenanggungan sama gue. 
(SelGom, dan Fansnya)
Masa-masa pra-Ospek lumayan agak garing buat gue.Selain karena faktor umur, temen-temen gue juga kebanyakan masih dibawah umur gue. Tapi itu nggak berlangsung lama kok, dari dua minggu kita pedekate, barulah pas OSPEK-nya kita ngerasa deket satu sama lain, telat -_-. Padahal disetiap Gugus(Kelas sebelum Aktif Kuliah) orang-orangnya masih dicampur dari berbagai jurusan, makanya pas selesai ospek dan pulang kehabitat yang seharusnya ada suatu perasaan kayak “ah bangke banget, harus beradaptasi sama orang-orang baru lagi nih” 

(Gugus Palembang)
Gue sekarang ada di kelas 1SIB (semester 1 System Informasi B) ngambil hikmahnya kelas malem. Jadi, paginya gue kerja dan malemnya gue kuliah, nthaps kan? 
terus ngerjain tugasnya kapan? 
Malem dong, di mimpi.

Haha bohong ding.

Gue kuliah cuma 4 kali doang dalam seminggu. Jadi gue masih punya waktu 3 hari buat bobo cantik di kontrakan. Ngerjain tugas woy. eh iya, maksudnya ngerjain tugas.

Ekosistem kegiatan gue, mendadak berubah. ini apaan lagi sih, Put-_-? Gue harus bisa membagi waktu buat semuanya. Kerja, kuliah, baca buku, maen game, pacaran ,stalking mantan dan ngeblog sekalipun. Sejauh ini, yang masih bisa gue lakuin adalah kerja,kuliah dan baca buku, kalo nge-game udah bener-bener jarang banget, nge-blog apa lagi. heh heh heh 

Minggu ini hari pertama gue masuk kuliah, itu artinya juga pertemuan pertama gue sama dosen-dosen (padahal masih sering keceplosan bilang guru) yang nantinya bakalan ngajar di kelas gue. Agak kaget sih dikit. Iya gue lebay, bodo amat. 
Bagi mereka yang masih fresh graduate mungkin biasa aja, lah buat gue? Yang oli otaknya nggak pernah diganti selama bertahun-tahun gimana kabarnya? Turun mesin? Iyalah. Tiba-tiba dosen masuk kelas, (enggak tiba-tiba juga sih, mereka ketok pintu dulu). Perkenalan sebentar, dan langsung ngasih tugas buat persentasi. Anjaylah :(( 
Duh, bukannya gue nggak mampu.. azek. Tapi kalo dipikir-pikir, enak bener ya jadi Dosen, mahasiswanya yang nyari materi kuliah sendiri, belajar sendiri, harus bayar pula. enak palelu, jadi dosen itu minimal banget harus S2, lu kira mereka nggak perah ngerasain jadi kalian apa?#lemparbakyak

Iya udah maap, bukan mau ngeluh, namanya juga masih proses adaptasi, sensi amat sih.

Yaudah, lanjutin lagi ceritanya...

Jadwal gue kuliah itu, hari Senin, Kamis, Jum’at dan Sabtu, kecuali kalo gue ada jadwal kerja shift 2 pas kerja, gue ngambil hari Selasa buat gantiin Hari kamis. So far, gak ada masalah sama jadwal kuliah, sih. Yang jadi masalah adalah jadwal kita bertemu.

Kelas 1SIB, totalnya 60 biji orang. Kurang lebih sekitar 20 orang mahasiswi dan sisanya mahasiswa. Jurusan System Informasi emang kebanyakan bandotnya. Ah elah, gak boleh ngomong kasar ya, Puti, nanti tiba-tiba ada Younglex dkk duduk di sebelah malahmu, berabe. 
Iya, maksudnya lebih banyak mahasiswanya ketimbang mahasiswinya. Di Jurusan ini, buat para cewe-cewe "you have no power here" karena apa? SI itu yan dipake logikanya bukan perasaannya. Di sinilah kaum wanita akan terjajah.

Ketika ditanya apa motivasi gue masuk SI? Jawabannya ada di ujung lagit… kita kesana dengan seorang anak... #dilemparBakyak(2)
Motivasi gue yang sebenarnya, ya karena gue ngerasa emang passion gue disini, di dunia IT.
Pret lah, ditanya kepanjangan RAM aja nggak ngerti kan?
Bangke ih, kalo ngomong suka bener. Terus gue harus jawab apa? Ya nyatanya gue emang tertarik kok, walaupun gue sekarang ini belum ngerti apa-apa, seenggaknya segala hal yang kita sukai kalo terus-terusan dipelajari nanti juga hasilnya,,, Wallahualam sih. Bhahahah. 
Contohnya aja Akuntansi, gue udah bareng-bareng sama dia selama tiga tahun, tapi karena guenya nggak suka, cinta  Akuntansi ke gue cuma bertepuk sebelah tangan, jadi ilmunya nggak nyampe ke sini. #nunjukhati<3

Nggak tau kenapa, gue suka gedek sendiri ketika denger motivasi temen-temen sekelas gue yang lain, rata-rata dari mereka jawab “saya pengen mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan penghasilan yang lebih banyak”, atau “supaya bisa dapet duit banyak”, frontal banget nggak sih mereka? Emang dasar ya otak-otak orang Indonesia itu nggak jauh-jauh dari yang namanya duit, termasuk gue. Tapi, masa iya nggak ada laesan yang lebih luar biasa lagi ketimbang biar bisa dapet duit banyak. Jadi kesannya mereka melakukan segala sesuatu cuma demi duit doang, gue juga. Lebih parahnya mereka malah terkesan nggak bersyukur, iya kan? Apa mereka nggak tau, ketika kita ngerjain hal yang kita suka dalam sebuah pekerjaan, duit udah nggak jadi nomer satu lagi. Eh iya nggak sih? dih atuh nggak tau, lu yang bilang -_-
cuma karena katanya seorang IT bayarannya mahal terus kalian ambil jurusan ini. Kalian salah faham, gaes. Apa lagi kalo kalian cuma iseng doang, udah bukan waktu nya lagi buat "nyoba dulu deh, siapa tau cocok".

Ini kenapa jadi kayak acara-acara motivator gini sih? Postingannya melar kemana-mana ya Allah :’)

Oh iya ada lagi nih yang mau gue sampein sama diri gue sendiri supaya suatu saat pas gue berniat mau ngelanggar terus gue baca ini, jadinya nggak jadi buat ngerlanggar.

Inget ya, bagi gue dan kalian temen-temen kelas gue yang sampe sekarang gue belom hafal namanya satu-persatu. Kalian udah terlalu tua buat bersikap kayak anak ABG lagi, jangan gampang baper, liat yang itu ganteng dikit, terus suka, eh taunya cuma di-php-ini, di-javascript-in, di-html-in, galau, nilai ancur, ip jeblok, ngulang, harus bayar, lagi. Sayang waktu, rugi duit. 
Inget, gimana kamu rela mengesampingkan kebutuhan kamu yang lain supaya bisa bayar kuliah, bayar ongkos transport. 
Inget gimana capenya kalian ketika pulang kerja, masih panas, nggak sempet ganti baju, tapi harus langsung ngampus,lari-larian, tapi sampe kampus telat dan kena omelan Dosen.
Inget, gimana pegelnya betis kamu pas naek turun tangga di Kampus. 
Pokoknya kurang-kurangin deh sifat-sifat childish dan alay pas jaman masih pake rok abu-abu. Taro dulu sifat buruk itu di rumah, jangan dibawa berangkat ngampus.

Ini panjang amat, udahaan woooy. Tiduuur!!
Bawel bets dah, iyaaa, iyaa..

Segini dulu aja ya ceritanya, soalnya mau nyeritain temen-temen tapi beloman ada yang kenal kan. Lagian udah diusir sama tukang bakyak, takuuut.

Malam, Gengs.

  15 komentar:

  1. lama nga mampir (karena jarang apdet juga ihik) tampilan rumahnya jadi keren. gue kalah :(

    selamat memasuki rimba "anjrit besok presentasi bahannya belum ada"

    ada hikmahnya sempat berhenti alias nga langsung kuliah, bisa jadi pembina di kelas, Put. eheheh. sama stok brondong banya nih.

    btw, gambarnya luchu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. tampilan rumahnya masih smooth-an punya mas Tomi, ihik. pengen dibikinin gambar kayak gitu juga.

      I do with my own risk. dengan usia yang sudah tidak muda lagi, tidak se-energic mahasiswa baru pada umumnya. aku akan berjuang sampe paket data penghabisan. hiyaat!

      pembina apaan Mas Tomi? jadi tukang rusuh di kelas iya :'). qmwsmygsdhmtgsj~~~ say no to dedek gumash.

      lutjuk kea aqoh.

      Hapus
    2. apaan blog gue standar bawaan. gambar juga manual terus dipoto pake nokia X2

      semangaat. kalau habis masi ada wifi

      lah udah tua, ehem senior maksudnya, masih rusuh aja. hidup dede gemes, apalagi yang pake osis xD

      Allahuakbar mata akoooh~~

      Hapus
    3. lha mending, punyaku malah diedit pake paint doang. kugaptekbats.

      wifinya pake password :(

      Hapus
  2. EAAA, Maba rasa-rasa anak lama nih ceritanya. Asique jadi maba ulululu ~
    Tapi gue salut sama lu, kerja dulu dan make duit sendiri buat kuliah.
    Umak terbaik !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. asique palelu mleduk! emaap.

      ternyata kuliah itu ngga sama kayak yg di tipi-tipi. #putiKorbanFTV

      umak terbaik!! juga deh buat maz Azka.

      Hapus
  3. Kalo kuliah mah usia bukan masalah, temen gue dulu ada yg anak 2012 malah, cuman kuliah 2 bulan abis itu dia keluar gegara dapat projekan gede di malaysia. Selesai projekan dia balik lagi dan kuliah lagi tapi ikut angkatan 2015, goks abis, jadi adet tingkat temennya sendiri yg usiannya padahal di bawah dia.

    Suka sama gaya ceritanya, mengalir, kek baca diary uy. Rajin2 lah ngeblog lagi, berbagi pengalaman dari sudut pandang orng yg kuliah sambil kerja eheheh. Gue gak tau udah pernah kesini apa belom, pokoknya salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang masih kuliah orangnya?

      whahaha, iya makasih. padahal sejujurnya aku sendiri kalo udah selese nulis males banget kalo disuruh baca ulang. bikin mules.
      betewe kupunyabukumulohhh~

      pokoknya salam kenal juga.

      Hapus
  4. 1 kelasnya 60 orang
    20 mahasiswi sisanya berarti 40 mahasisa
    Cocok tuh 1 cewek dapet 2 cowok
    Ngambil 3 gratis piring

    BalasHapus
  5. waduhhh..... ada yg senasib nih dengan gue.... kamu Put! (jodohin yuuuk)

    Senasib krn mulai OKTOBER ini inyong kuliah lagi setelah "libur" kuliah D3 empat thn yg lalu.... wkwkkwkkwkwkk...

    Aku ngambil TI (kagak nanya!!!!!

    Trus kuliahnya juga sore.... (kagak nanya!!!

    dosen2 ku lebih muda... kalau teman2 kuliahku ya ganteng semua kecuali yg satu orang...

    wahhh.... mari kita ngampus... hilangkan budaya kerja nyata... mari kita ngampus nyata!!!

    MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  6. Uwaaah semangat kakak Puti. welkam to de nyuwerld.
    Sama nih jadi maba, semangat mengerjakan berbagai macam tugas. ku salut kak puti bisa kerja sambil kuliah, itu hebat bangatss.

    BalasHapus
  7. Mantap ceritanya apa adanya dan teladan bagi anak muda

    BalasHapus

Tinggalin jejak dulu ya sebelum close tab,.. ^0^
Biar bisa dikunjungin balik \m/

Aku Adalah

Puti Andini

Pengabdi Wifi Telkom...

Bagian dari

Your Lucky Number

Kategori