7 Okt 2016

PMS all Day Long

Dua hari yang lalu, berati  tepatnya hari Rabu , ah elah ribet amat tinggal bilang hari Rabu doang juga.

Iya oke, gue ralat. tukang bakyaknya lagi PMS nih.

Jadi, hari Rabu kemarin gue mengalami Disminore (-lagi) untuk yang kesekian kalinya. Buat kalian yang belum tau Disminore itu apa, biar gue jelasin secara singkat menurut pengetahuan dan pengalaman gue aja. 

Disminore itu adalah rasa nyeri dibagian bawah perut yang dialami oleh perempuan ketika hari pertama dia menstruasi. Rasa nyeri ini disebabkan oleh luruhnya sel telur di dinding rahim karena tidak dibuahi.
 #CMIIW 

Dan kalian tahu? 

Bukan lah, mereka manusia

Mending kalo nyeri doang di bagian bawah perut, lah ini mah komplikasi. Berasa kayak mau ngelahirin! Suer deh.

Gejala awal ketika seorang cewe mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrom) adalah perrubahan mood yang sangat cepat, bentar-bentar ngambek, tiba-tiba ketawa sendiri, abis itu nangis. Jadi sebenernya cewe PMS sama orang gila itu hampir sama, mungkin. 

Dan udah bukan rahasia umum lagi kalo “Siapapun kalian, nggak bakal menang lawan cewe PMS” lha wong cewe PMS nabrak tembok aja, temboknya yang minta maaf. Ka-ta-nya-sih , kalo gue mah nggak pernah tuh ngalamin hal kayak gitu. Yakali tiba-tiba gue gak sengaja kesandung batu pas gue lagi PMS , terus itu batu tiba-tiba ngegelinding nyamperin gue sambil bilang “maaf neng, aku yang salah kok” yang ada gue langsung pingsan di tempat.  

Tapi aneh juga ya, emang itu tembok tau ya kalo cewe yang nabrak tadi lagi PMS, kok pas ditabrak dia bisa langsung minta maaf? 
Auk ah, jadi puyeng pan gue.

Supaya kalian tau, apa aja sih yang cewe rasaan ketika dia PMS? Supaya lebih simple kalian bisa liat tabel dibawah ini :

source : Google Image

Simple palelu mleduk! 

Kelakuan gue yang paling absurd saat PMS adalah; suka tiba-tiba sedih, suka tiba-tiba pengen nangis, suka tiba-tiba pengen jadi pacar kamu. Ya, itulah namanya mood swing. Ketika gue sadar akan perubahan-perubahan mood gue yang terjadi secara random, gue biasanya langsung nginget-nginget tanggal “wah tanggal berapa nih? kayaknya gue mau dapet nih, makanya perasaan jadi nggak karuan banget!” atau "wah udah waktunya bayar uang kontrakan, pura-pura amnesia ah" . Kalo uudah gitu sih, gue cuma bisa pasrah aja, membiarkan semuanya seperti apa yang mood gue mau. 

Buat kalian para cowo “kalian nggak bakal pernah ngerti deh :’(“.

Selain itu, fisik gue juga mengalami hal yang sama saat PMS, jadi absurd juga. Sakit badan yang cuma sebelah lah, digretek-gretekin gak bisa lah, kan KZL. Atau sakit di bagian (maaf) dada, yang kalo jalan doang bisa kerasa  linu banget, mual-mual tiap bangun tidur. Itu berlangsung sekitar satu minggu sebelum si  “tamu” itu datang, artinya gue PMS selama satu minggu (kurang lebih).

Kalo tiba-tiba kamu ngerasa mules dan mual-mual secara besamaan,tapi pas kamu nongkrong di wc dan berkali –kali mengeluarkan jurus kamehame tetap tidak terjadi apapun? kamu perlu waspada kalo kamu bakal masuk zona Pas Menstrual Syindrom atau bisa disingkat juga jadi PMS, jadi tinggal nunggu timing yang tepat aja buat “tamu” sampe.

Nah, pas hari Rabu kemaren gue nggak sadar kalo ternyata “tamu” gue dateng. Pas gue berdiri (posisi gue lagi duduk lesehan di lantai) “lah itu apaan kok kaya kecap? Siapa nih yang makan baso? Kok gak bagi-bagi?” gumam gue sambil meraba-raba celana gue. Dan setelah gue sadar, guepun mulai panik. Kenapa gue panik?

Pertanyaan bagus!

Karena hari itu adalah jadwal gue kerja Shft 2, kalo “tamu” gue datang pagi menjelang siang, nggak bakalan bisa dihindari lagi kalo gue bakalan berkontraksi satu atau dua jam setelah itu, sementara gue harus berangkat kerja.

DISMINORE ADALAH HAL YANG MUTLAK BAGI GUE.

Temen-temen gue mungkin ngalamin Disminore juga , tapi enggak tiap bulan dan enggak sesakit gue. Makanya mereka sering bilang kalo gue lebay. Tapi gue berani bersumpah, Demi Allah, perut gue rasanya diaduk-aduk dari dalem terus diplintir-plintir, semakin banyak gue gerak, maka akan terasa semakin sakit. 

Selain itu, kaki gue, terutama di bagian lutut bakal mendadak berasa panas dan lemes , itu bikin gue nggak bisa buat berdiri lama-lama. Padahal gue butuh jalan buat bolak balik kekamar mandi karena ulah syaraf otak gue juga yang mendadak nggak bisa nanggepin apa yang sebenernya gue rasain, kayak kebelet pupup tapi kok enggak keluar apa-apa, lapar tapi kok nggak pengen makan. 

Puncaknya rasa sakit itu adalah ketika keringet dingin mulai mengalir dan badan gue mulai gemeteran kayak orang lagi meriang. Disitulah gue langsung ambil panci buat bikin air panas.
Air panas buat apaan?

Pertanyaan yang sangat bagus lagi!!

Air panas itu bakal gue masukin kedalam botol, yah mau apa aja kek yang penting ada tutupnya dan bisa ditaro di atas perut gue. Botol yang berisi air panas itu gue pake buat ngompres perut gue, sejauh ini cuma itu obat yang paling manjur buat meredam rasa sakit.

Setelah kompresan jadi dan udah gue taro sedemikian rupa diatas perut gue, gue bakal maksain buat tidur, padahal mana mungkin selimut tetangga bisa tidur dalam kondisi perut yang sakit. Tapi gue selalu optimis, kayak Harry Potter yang bakal bayangin hal-hal bahagia supaya bisa ngeluarin mantra Patronus-nya, gue juga melakukan hal yang sama. Tepatnya gue bakal ngayal, ngayal apa aja yang penting ena dan bisa bikin gue ketiduran. 
Kenapa gue harus tidur?

Nanya mulu anjir!

Karena, rasa sakit itu bakalan sedikit hilang ketika gue bangun tidur, jadi kalo gue nggak tidur-tidur , sakitnya juga gak bakal ilang-ilang. Kalo dipikir-pikir,  kegiatan gue tidur sambil meluk botol ini selalu rutin gue lakukan tiap bulan yah? Terus tidur sambil meluk kamunya kapan dong?~yaelah
Tapi, hal itu bisa gue lakukan ketika gue lagi ada di rumah, kalo gue lagi nggak dirumah? Di tempat kerja misalnya? lagi-lagi gue cuma bisa pasrah aja sama Yang Maha Memberi gue izin buat tiduran di klinik.

Ehehe

Gue pernah beberapa kali periksa ke Dokter tentang masalah Disminore yang gue alamin ini, dan setiap gue ke Dokter, Dokternya selalu bilang “Disminore mah hal wajar Dek, apalagi kamu belum nikah” terus abis itu ngasih obat cacing penghilang rasa nyeri. 

Dan guepun pulang. 

Gitu terus masa :’(

Disminore paling parah yang pernah gue rasain itu ketika gue SMK dulu, gue sempet pingsan saking lemesnya. Itu adalah Disminore tersakit-dari-yang-paling-sakit.

Gue juga sering ngeluh tentang hal ini ke ibu gue, kata dia sih dulu dia juga kayak gitu kalo lagi PMS. Makanya, yaudahlahya mogimana lagi, terima nasip aja, mungkin karena keturunan. 

Kabar baiknya adalah, Untung itu cuma sehari aja, hari-hari berikutnya cuma pegel-pegel biasa dan linu dibagian “itu”.

Gejala Pre Menstrual Syindorm yang disingkat jadi PMS udah
Pas Menstrual Syndrom  yang ternyata singkatannya juga PMS, udah. Ehm gue belum ngasih tau. Biasanya PMS yang ke-2 ini berlangsung sekitar satu minggu juga.

Dan yang terakhir adalah Post Menstrual Syndrom, yaitu gejala yang timbul ketika "tamu" itu sudah pergi. 

Di PMS yang ini gue masih ngerasain yang namanya pegel-pegel berkepanjang dan juga sering ngerasa puyeng, apalagi pas abis jongkok. Efek kekurangan darah kaliya?

Ehe, aneh memang! Ini juga berlangsung sekitar satu minggu.


Tunggu dulu, Post.Menstrual.Syndrom....
Keren! Ternyat Singkatannya juga PMS. Gilak! Ini pasti ada konspirasi. 

Muhahaha~

Yak tuls sekali, ini adalah konspirasi kami, para wanita agar bisa menguasai dunia. 

huahahahaha

Dear para cowo (-lagi) jangan heran kalo cewe klean hobinya marah-marah mulu. Inget, dalam sebulan dia sehatnya cuma satu minggu, selebihnya sakit terus. Mohon minta  pengertian dan coklatnya sekalian.

Jangan sampe kejadian kayak gini ;

“Sayang kok kamu marah marah mulu? Lagi PMS ya?”
“….”
“kok kamu diem sih yang?”
“kamu bisa diem nggak sih, IYA AKU LAGI PMS! Puas kamu sekarang hah! Turunin aku disini, BURUAN!”

Satu minggu kemudian…
“Sayang cemberut aja ih, emang PMSnya belom kelar ya?”
“Iya belom!”

Satu minggu kemudian…
“sayang kamu masih manyun aja sih? Belom udahan juga PMSnya” 
Lalu si cowo mulai mikir yang iya-iya. Dia mikir mangkin si cewe  udah nggak bisa diselamatkan lagi, karena dia tau bahwasanya PMS paling lama cuma satu minggu, sedangkan cewenya ini sudah tiga minggu berturut-turut mengatakan hal yang sama, "aku lagi PMS" 
Si cowo nggak mau ambil resiko kalau harus jadi bulan-bulanan cewenya yang terus-terusan PMS

dan akhirnya merekapun putus gara-gara PMS yang berkepanjangan. Tamat.

Astagfirullah, ngelantur amat ya gue?

Eh tapi nulis di jam-jam segini tuh emang enak ya, jari-jari kita berasa kayak bisa ngetik dengan sendirinya. Iya nggak sih? 

Biasanya dibantuin jari siapa emang?

yaudahlah, sekian dari gue.
anak cans nggak boleh bobo malem-malem. (cans, macans maksudnya)




ps : gue tekankan lagi, gak semua perempuan mengalami Disminore ekstrem kayak gue kok, yang wajar terjadi biasanya cuma mules-mules doang sedikit.

  48 komentar:

  1. Dulu pas pingsan msih smk kenapa g panggil abang buat gendong neng?
    Ah kesempatan ilang tuh
    Pingsan lagi gih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu abang masih berbentuk zogot keanya.. Beloman lahir kedunia bang.

      Hapus
  2. Lha, emang kamu tau rasanya sakit ngelahirin? Hihihi.. Tapi yang pasti, cowok-cowok sih biasanya bilang kalo PMS itu alasan.. Mereka emang nggak ngerti.. Huft..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ngerasain mah belom.. Itu juga kata ibu.

      Iya, hiks.

      Hapus
  3. ahhhh.
    itu kok gambarnya lucu sik?
    mauuu, dari mana yaaa dapetnya...
    ahahahaa. malah salah fokus :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ada Bena juga di sini. Pulang sana Ben. Mamah udah masak nasi di rumah.

      Hapus
    2. sticker Line itu, wqwqwq

      Hapus
  4. Duh, turut berduka :(

    Sebelumnya saya sering denger kalau perempuan lagi PMS itu emang kerasa sakit banget. Tapi setelah baca kisah kamu ini, kok saya jadi semakin ngeri yah ngebayanginnya.

    Haha tapi untungnya kamu ngebawain cerita ini dengan kocak. Jadi agak mendingan deh ngeri nya.

    Oiya, salam kenal ya, Puti. Kayaknya ini kunjungan pertama saya. Mari berteman :)

    BalasHapus
  5. berarti pernah doang ngalamin disminore, pas lagi upacara, wah mungkin jadi menarik tuh hahaha...

    dari pengertiannya, gue tau disminore buat cowok tuh apa, pasti MULES. Kalo mules ditahan itu juga gak kalah sakitnya, gak percaya?

    pertanyaan bagus!

    Coba dah sekali-kali nahan boker pas lagi PMS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya, salam kenal juga :)

      Hapus
    2. itu bukan disminore ya dedeq. MULES, itu em umu el eles es.

      Hapus
  6. yang bikin gue "aih lebay banget" adala masa nabrak tembok, temboknya yang minta maaf. kalau ketemu macan, macannya salim. dsb. anjir sakti banget nih kaya mantar gitarisnya SO7

    dijelasin panjang lebar ginipun gue nga ngerti hahah maap.

    btw gambarnya (lagi-lagi) lucu, kaya butir nasi aja mukannya wqwq.
    bikinin dong, Put.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saktian mana sama Kanjeng Dimas Taat Pribadi, hayo?
      iya dimaafkeun, cowo emang gak akan pernah ngerti :"(
      iya, ngeselin bats ya mukanya, kayak muka mantan. eh

      Hapus
  7. gw curiga sama dokternya.. keknya jawabannya santai gitu.. coba tanya balik

    "kalo dah nikah ilang gak disminorenya dok??"

    keknya dokternya bakal jawab,

    "enggak juga sie.. tapi klo nikahnya sama dokter, bisa saya bantu dek"

    ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah nanya put.
      "Katanya nikah aja dulu, nanti juga tau jawabannya.."

      Hapus
  8. Put, berantem yuk? Aku lagi mau mengembangkan ilmu silat gue sama anak yang lagi PMS nih. *LAH? wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk lah. Mojambakjambakan apa gimana nih?

      Hapus
    2. Yes, jangan jambak-jambakan ._. sayang rambutnya. mending main rontok-rontokan gigi aja, kak.

      Hapus
  9. Baru tau kalau PMS itu singkatan Pre-Menstruansi Syndrome

    Selama ini ngira singkatan dari Penyakit Menular Seksual???
    -_____-

    Dan kalau cewek nyebut nyebut PMS yang kebayang adalah "Wow. Cewek ini lagi menderita penyakit menular seksual." dan nggak ngetri kenapa mereka marah marah

    MISTERI DUNIA AKHIRNYA TERPECAHKANNNN

    HAHAHHA

    #PuasBanget
    #BegoEmang

    P.S.
    Iya samaa, cowo tamps kayak aku juga nggak boleh tidur kelewat malam.

    hitamps maksudnya.
    warna kulitnya...

    #eh
    #maksa

    BalasHapus
  10. Bener put, pas aku PMS juga begitu.....
    #mlorodna umbel sit

    BalasHapus
  11. PMS alias Pre Menstrual Syndrom yaelah tinggal bialng mens doang aja susah amat...
    Aku juga kalo lagi pms kayak gitu...

    BalasHapus
  12. Separah ini ya PMS, tapi malah dijadiin becandaan huahaha.

    *pukpuk cewek-cewek yang PMS-nya nyeri*

    BalasHapus
  13. cewek pms uda kayak macan aja =_= ngerii men ntar digigit hihi

    BalasHapus
  14. aku dulu juga gitu...tapi sejak menikah ilang-ilang sendiri kok... yang ga ilang cuma ngamuk-ngamuknya hahaha... untung pak suami udah paham...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantes aja semakin aku dewasa makin sakit aja rasanya kalo lagi pms. Mungin ini pertanda aku harus segera me--delete mengobatinya.

      Hapus
  15. Ohhh jadi pms nya cewe itu yg bener 3 minggu ya?

    Pertanyaan bagus!!!!

    Oh iya. Berfikir yg 'iya-iya' itu gimana lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaakkk tul sekeleus!!!

      Duh gimana ya? Kamu mah gak bakalan ngerti deh :"(

      Hapus
  16. Keren amat namanya Disminore. Kalok di Medan nyebutnya 'senggugut' atau 'sunggugut'. Wkwkwk :p

    Jangan biasain minum obat pereda nyeri yak. Sayang duitnya. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istilah kedokterannya. Halah~ gak tau juga sikk aku juga. Wqwq

      Oh iya. Sunggugut ya kerjanya!
      #ditimpukmbakbeby

      Iyaa, aku juga gak pernah kok mbak. Takut jadi ketergantungan.

      Hapus
  17. Hal yang gak dialami cowok, tapi kalo dibayangin ikutan nyeri mbak, heee

    BalasHapus
  18. Katanya tabelnya simpel. Pas baca gue nggak ngerti. Anjay -_-
    Entah kenapa kalo pacar gue (waktu itu, sekarang gue jomlo) tanya kenapa marah-marah jawabannya pasti lagi PMS. Bingung deh.

    Nanti kalo ditanya calon mertua terus lagi PMS apa jawabannya bakalan ngaco juga ya? hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya ditunggu ya nanti pas udah punya camer.

      Hapus
  19. Baru tau kalo istilahnya Disminore! haha makasih, Puti :D

    Alhamdulillah aku ngga tiap bulan sih ngalamin Disminore. Tapi ya pernah beberapa kali, dan itu rasanyaaaaaa. Astagfirullaah. Nggak nahaaan! :((
    Pas pertama kali ngalamin itu, SMP kalo nggak salah. Subuh-subuh. Lagi asik tidur, tapi ngerasa sakit banget. Sampe aku kira pengen meninggal. Makanya jadi sholat subuh, biar udah sholat gitu ceritanya kalo dicabut nyawa .___.
    Eh ternyataaaa... aku mens toh. Pfffttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah? masa sih baru tau?

      aku dari awal mens sampe skarang pasti disminore, kebalikannya dari kamu,aku cuma beberapa kali doang mens tanpa disminore. hmmm :(

      Hapus
  20. Rata-rata perempuan gitu ya kalau hari pertama dapet bawaannya sensi mulu terus yang kena marah ga jelas pacar (kasihan ya) hahaha

    BalasHapus
  21. Gue juga pernah sakit banget gak bisa bangun nangis2 gak jelas. Gini aja sakit banget, apalagi ngelahirin yak:(

    BalasHapus
  22. Postingan macam apa ini?! seksi sekali...

    Gue ngaku sih, jujur aja gue GAK BAKAL PMS, jadi gue menghargai aja orang yg lagi PMS, dah gitu aja.

    BalasHapus

Tinggalin jejak dulu ya sebelum close tab,.. ^0^
Biar bisa dikunjungin balik \m/

Aku Adalah

Puti Andini

Pengabdi Wifi Telkom...

Bagian dari

Your Lucky Number

Kategori