12 Feb 2017

[Maksa Cerita] Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Dalam sesi maksa cerita kali ini, gue akan mencoba untuk meceritakan sebuah drama Korea yang berjudul 역도 여정 김복주( yeok-do yeo-jong Kim Bok Joo) / Weightlifting Fairy Kim Bok Joo / Peri Angkat Besi Kim Bok Joo.


Weightlifting Fairy Kim Bok Joo adalah sebuah serial drama Korea Selatan yang dibintangi oleh Lee Sung Kyung (sebagai Kim Bok Joo) dan Nam Joo Hyuk ( sebagai Jung Joon Hyung ).


Serial drama Korea Weightlifting Kim Bok Joo terinspirasi dari kisah seorang atlet angkat besi peraih mendali emas Olimpiade,  Jang Mi Ran. Drama Korea ini tayang di Korea Selatan setiap hari Rabu dan Kamis pukul 22:00(WKS) di MBC mulai 16 November 2016 –  5 Januari 2017.

Penayangan drama korea ini hampir berbarengan dengan penayangan drama Korea Legend of The Blue Sea yang pemainnya sendiri adalah suami masa depan gue, Lee Min Ho. 

Awalnya gue juga nggak begitu tertarik dengan drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, karena selain susah banget buat ngucapin judulnya, juga karena drama ini diperankan oleh Lee Sung Kyung yang pernah main sebagai orang nyebelin di drama “Cheese In Trap” dan drama “Doctor”.

Setelah drama ini tayang sekitar satu bulan dan gue melihat beberapa cuplikan drama ini di Instagram, kemudian munculah rasa penasaran gue untuk menonton drama ini. Terlebih, saat itu gue juga mulai bosan mengikuti drama LOTBS. Padahal belum 3 bulan, tapi udah ngerasa bosen. Ya… gimana ya?

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, atau biar gampang sebaiknya gue singkat saja menjadi WFKBJ bercerita tentang seorang atlet angkat besi berusia 21 tahun  dari Universitas Haneol, Kim Bok Joo, yang baru pertama kalinya ngerasain jatuh cinta. Padahal seorang Puti Andini  saat eSDe sudah merasakan yang namanya jatuh cinta.


Disini kita akan bertemu dengan dua orang tokoh cowok, yaitu Jung Joon Hyung ( Nam Joo Hyuk ) yang pacar-able banget, dan Jung Jae Yi ( Lee Jae Yoon) yang suami-able banget. 

Adik sama Kakak, sama-sama bikin gagal fokus
 
Walaupun genre drama ini adalah romantic comedy, tapi ceritanya enggak melulu cerita tentang kisah cinta doang, kok. Di sini juga diceritain tentang kisah Bok Joo sebagai atlet angkat besi, kisah Bok Joo sebagai seseorang yang hangat di keluarganya, terutama ayahnya, dan kisah persahabatan Bok Joo dan kedua orang temannya, yaitu Lee Sun Ok ( Lee Joo Young )dan Jung Nan Hee ( Jo Hye Jung ).

Hah? Apa? Kisah anak yang tertukar sama perebutan harta? Yakali ini sinetron Indonesia, eh salah. Sinetron Turki maksudnya. Sinetron Indonesia kan sangat mengedukasi sekali.

Karena drama ini berlatar tentang kehidupan kampus, maka tidak heran kalau peminat drama ini kebanyakan dari kalangan remaja jomblo  yang penasaran dengan kisah cinta yang bikin gregetan ingin memiliki Nam Joo Hyuk seutuhnya.

Dan sekarang, gue akan menjelaskan alasan kenapa gue nonton drama WFKBJ, siapa tau diantara kalian ada yang penasaran dan memutuskan untuk menontonnya, setidaknya satu kali seumur hidup kalian.

He....
He....
He....


Ceritanya sangat “ringan”, cocok banget buat anak muda yang nggak mau mikirin hal berat
 
Bermula dari Bok Joo yang menyukai seorang dokter klinik berat badan, yaitu Dr. Jung Jae Yi. Bok Joo yang seharusnya menaikan berat badan  untuk kompetisi justru mengalami dilema karena dia sudah mengikuti program diet dengan dokter kesayangannya. 


Masalah semakin rumit, karena ternyata Dr. Jae Yi adalah kakak dari teman kecilnya Bok Joo, yaitu Joon Hyung yang saat ini kebetulan satu kampus dengan Bok Joo sebagai seorang atlet renang.


Dari drama ini kita belajar bahwa cantik itu tidak melulu harus langsing, melainkan inner beauty-lah yang terpenting

Seorang atlet angkat besi selalu identik dengan badan yang besar dan tangan yang berotot. Bagi laki-laki, hal itu mungkin tidak menjadi masalah. Sebaliknya, bagi perempuan, postur tubuh seorang atlet angkat besi justru membuatnya minder terlebih dalam urusan cinta.

Tanpa terkecuali Bok Joo, saat dia berkenalan dengan Jae Yi, dia mengaku bahwa dia adalah seorang mahasiswa di jurusan musik. Ketika ditanya alasannya, Bok Joo mengatakan bahwa, dia tidak ingin orang yang dia sukai melihat otot kekasihnya yang hampir keluar ketika sedang melakukan angkat besi.


Karena kebohongannya itu, Bok Joo akhirnya melarikan diri dari Jae Yi. Bok Joo memutuskan untuk mematahkan hatinya sendiri, dan bertekad untuk melupakan Jae Yi walaupun itu tidak mudah.

Selama Bok Joo mengalami masa sulit, Joon Hyung lah yang selalu ada di samping Bok Joo. Dan siapa sangka, ternyata Joon Hyung justru jatuh cinta kepada Bok Joo tanpa mempermasalahkan penampilan Bok Joo.


Kisah cinta antara Bok Joo dan Joon Hyung itu bikin gemez

Walaupun pada kenyataannya Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung memiliki perbedaan usia sekitar beberapa tahun, hal itu tidak mempengaruhi chemistry antara Bok Joo dan Joon Hyung. Mereka bisa memerankan karakter mereka dengan baik.

Di luar, mungkin Joon Hyung sangat menyebalkan dan sering mengganngu Bok Joo, tapi sebenarnya Joon Hyung sangat perhatian kepada Bok Joo, bahkan ketika Bok Joo patah hati karena kakaknya, Joon Hyung lah orang yang selalu berada disisi Bok Joo untuk menghibur Bok Joo.


Ketika Joon Hyung mulai jatuh cinta kepada Bok Joo, Joon Hyung melakukan berbagai macam cara agar Bok Joo mau menjadi pacarnya.


Tatapanmu, bang....
Sampai mereka pacaran pun, Joon Hyung selalu membuat seolah-olah Bok Joo adalah miliknya yang paling berharga.



Kisah persahabatan antara Bok Joo dan temn-temannya yang SWAG

Bok Joo mempunyai dua orang sahabat, yaitu Sun Ok dan Nan Hee. Keduanya adalah atlet angkat besi juga. Mereka bertiga sering dijuluki geng preman oleh para laki-laki, mereka juga sangat ditakuti oleh para atlet senam.

Titisan Upin-Ipin yang hobinya makan ayam goreng



Persahabatan mereka diuji ketika Bok Joo berpura-pura terkena ambeyen, padahal Bok Joo diam-diam menemui dokter di klinik berat badan. Nan Hee yang pertama kali mengetahui hal itu akhirnya mau mengerti alasan sebenarnya kenapa Bok Joo pergi ke klinik berat badan, bukan karean ingin diet, melainkan karena Bok Joo menyukai sang dokter. Berbeda dengan Sun Ok yang sangat marah, karena menganggap dialah satu-satunya orang yang tidak mengetahui apa-apa tentang sahabatnya.


Ini scene yang pertama yang bikin gue nangis pas nonton drama WFKBJ. Gue inget temen-temen gue di SMK dulu. 

Ceritanya, gue dan salah seorang teman gue yang bernama Dwi a.k.a Bigger, adalah Korean Addict. Kita berdua seperti punya dunia sendiri. Setiap kali diajak jalan, kita selalu menolak dengan alasan akan pergi ke warnet. Kita lebih sering ngobrol berdua ketimbang dengan teman-teman yang lainnya, bahkan kesannya kita sedang mengabaikan mereka.

Disaat yang lain mengumpulkan uang jajan mereka untuk membeli baju, kita lebih suka menggunakan uang itu untuk membeli majalah.

Singkat cerita, teman-teman gue itu marah sama gue dan Bigger. Kami saling mendiamkan satu sama lain baik dari kubu gue dan Bigger ataupun kubu teman-teman gue yang lain. Setelah beberapa hari. Akhirnya, ada salah seorang dari teman kami mengatakan kalau sebaiknya menyelesaikan masalah ini dengan berbicara satu sama lain. Kamipun sepakat.

Sepulang sekolah, kami berkumpul di lantai atas. Kami mencoba untuk mengatakan setiap unek-unek kami masing-masing.

Ada perasaan lega dan haru yang kami rasakan saat mencoba jujur satu sama lain. kamipun menangis sambil berpelukan. Kami berjanji untuk saling mengingatkan dan bukannya mendiamkan apabila ada salah satu dari kami yang mulai "asik sendiri".

Keliatannya mungkin lebay, tapi itu adalah kenangan indah yang akan selalu gue inget sampai gue tua. Itu juga kalau gue nggak kena alzeimer sih. eh.


Berteman dengan mantan pacar - pacar kita adalah pertanda bahwa kita memiliki pemikiran yang luas

Teman sekamar Bok Joo adalah mantan pacar Jon Hyung yang bernama, Sung Si Ho. Si Ho adalah atlet senam yang baru saja kembali dari pusat pelatihan di Taerung. Sebelum Si Ho pergi ke Taerung, Si Ho mengakhiri hubungannya dengan Joon Hyung secara sepihak. Setelah Si Ho kembali lagi ke kampus, Si Ho justru meminta Joon Hyung untuk kembali bersamanya.
 
Tjie mutusin sendiri, nyesel sendiri, dan ngajak balikan sendiri. Mantan yang seperti ini adalah mantan yang layak untuk dikarungin dan dibuang ke laut.

Saat Si Ho mengetahui kedekatan Joon Hyung dengan Bok Joo, Si Ho sangat marah. Si Ho mencoba untuk menjatuhkan Bok Joo. Tentunya bukan dengan cara di dorong dari atap kampus atau dengan di slengkat ya, teman-teman.

Tapi dengan membocorkan rahasia, bahwa Bok Joo ternyata diam-diam pergi ke klinik berat badan kepada pelatihnya Bok Joo. Saat itu dunia per-angkat besi-an mengalami gonjang-ganjing karena sebuah kesalahpahaman.

Tenaaang, tokoh antagonis di drama Korea tidak sama dengan tokoh antagonis di sinetron Indonesia, eh Zimbabwe maksudnya. Tokoh antagonis hanya akan melakukan kejahatan, sampai episode terakhir, atau sampai dia kena adzab dan mati, kemudian tokoh protagonisnya, tidak pernah melakukan kesalahan sedikitpun sampai episode terakhir.

Di drama korea, tokoh antagonis juga mempunyai sisi baik, dan sebaliknya tokoh protagonis juga bisa melakukan kesalahan.  Biasanya ada alasan tersendiri yang membuat tokoh anatagonis itu menjadi jahat.
Selama Si Ho membenci Bok Joo dan bersikeras  ingin mendapatkan Joon Hyung kembali, prestasi senamnya menurun drastis. Tetapi, setelah Si Ho bisa menerima kenyataan bahwa Joon Hyung tidak lagi mencintainya karena kesalahan Si Ho sendiri.  Si Ho pun kembali bersinar sebagai atlet senam.

Apa yang akan kalian lakukan jika melihat mantan dan pacar kalian akur kayak mereka?

Lagi-lagi, kejadian ini juga pernah gue alamin.
Gue pernah ada di posisi Sung Si Ho. Ketika gue harus berteman dengan pacar mantan gue sendiri karena sebuah pekerjaan. Mungkin agak sedikit berbeda, karena gue memang sudah tidak memiliki perasaan apapun terhadap mantan gue. Tetapi, tetap saja, ada sedikit rasa canggung antara gue dengan pacar mantan gue itu.

Ngeri-ngeri sedep gitu lah pokoknya.


Bok Joo mempunyai keluarga yang hangat

Di rumah, Bok Joo tinggal bersama ayah dan pamannya. Ibu Bok Joo diceritakan sudah meninggal ketika Bok Joo masih kecil. Ayah Bok Joo adalah pemilik sebuah restoran ayam. Bok Joo selalu membantu ayahnya mengantarkan pesanan ke pelanggan apabila ayahnya sedang kerepotan.

Bukannya berterimakasih karena anaknya mau membantunya, Ayah Bok Joo malah memarahi Bok Joo, dan selalu mengusir Bok Joo untuk kembali ke asrama dan fokus untuk latihan.

Keluarga ini selalu dipenuhi dengan kata-kata umpatan kasar. Baik ketika ayah Bok Joo menyuruh Bok Joo untuk tidak membantu pekerjaannya, atau saat Bok Joo meminta ayahnya rutin melakukan pemerikasaan di rumah sakit. Begitupun dengan pamannya Bok Joo, dia selalu mengatakan “Lelaki sial mana yang nantinya akan menjadi suami Bok Joo”

Dibalik semua itu, mereka saling menyayangi satu sama lain.

Gue nangis kejer pas Bok Joo nemuin buku asuransi milik ayahnya untuk Bok Joo di lemari, kemudian Bok Joo menemukan baju-baju ayahnya sendiri sudah banyak yang sobek.


Bok Joo: Ayah.. Ayah..Maafkan aku.

Ayah Bok Joo : Untuk apa kau minta maaf?

Bok Joo : Semuanya. Aku minta maaf untuk semuanya. Maafkan aku karena membuatmu khawatir. Maafkan aku karena membantumu mengantar pesanan  ketika kau menyuruhku untuk tidak melakukannya. Aku juga minta maaf karena aku tidak sopan padamu. Ketika aku kecil, aku protes tentang kimbap buatanmu yang tidak enak dan tidak memakannya. Maafkan aku.

Ayah Bok Joo : Hentikan, anak bodoh. Aku yang lebih bersalah. Maafkan aku karena membuatmu melakukan angkat besi,dan aku merasa bersalah karena aku tidak punya pilihan lain dan membuka restoran ayam untuk membesarkanmu. Yang paling membuatku merasa bersalah, adalah kau tidak pernah bisa menyebutkan kata "ibu" ketika kau tumbuh dewasa.

Bok Joo : Itu bukan salah Ayah. Itu salah Ibu.

Ayah Bok Joo : Tetap saja, maafkan Ayah. Aku ingin meminta maaf padamu atas nama Ibu. Aku benar-benar minta maaf. Aku merasa sangat bersalah tentang hal itu selama kau tumbuh dewasa.

Bok Joo : Jangan katakan itu. Akulah yang seharusnya meminta maaf. Aku benar-benar minta maaf, Ayah. .

Ayah Bok Joo : Kau harus tidur sekarang.Selamat malam.

Bok Joo : Ayah...
Pamannya Bok Joo yang lagi tidur-pun ikutan nangis karena denger percakapan Bok Joo sama Ayahnya Bok Joo
Tidak semua kata-kata kasar selalu  mempunyai arti yang kasar juga. Tidak semua manusia mempunyai keahlian untuk berkata lemah lembut untuk menunjukan kasih sayangnya. Terkadang, justru kata-kata kasar lah menunjukan kasih sayang yang begitu besar.
 
Sayangnya, kita hidup didunia yang dipenuhi dengan kebencian yang disamarkan oleh kata-kata lemah lembut dan baik.


Yang terakhir adalah, drama ini memberi gambaran bahwa menjadi seorang atlet ternyata tidaklah mudah

Selama ini jurusan olahraga atau profesi sebagai seorang atlet agaknya kurang diminati oleh anak muda, apalagi untuk angkat besi. Namun, disini kita bisa tahu, perjuangan para atlet angkat besi untuk bisa menang, mulai dari lari pagi setiap hari, mengangkat beban 30 kali dalam sehari, atau bahkan paksa untuk makan 3kali dari porsi biasanya.

Tidak hanya itu, cabang olah raga lainnya, seperti senam yang mengaruskan para atletnya untuk menjaga berat badannya. Para atlet senam dituntut untuk latihan siang dan malam, dan hanya dperbolehkan makan sayuran saja setiap harinya.



Gimana? Penasaran nggak buat nonton drama ini?
Oh, enggak yah? Yaudah gapapa kalau enggak penasaran juga. Yang penting Puti pernah berjuang untuk membuat kalian mau menonton drama ini.

Bonus untuk postingan kali ini.
Sebuah poster film yang pernah nge-hits di Indonesia.

sumber : IG @Kpopreceh

  32 komentar:

  1. pacar-able dan suami-able banget....bikin gagal fokus^^ terus langsung konsen lagi pas liat last pic^^

    BalasHapus
  2. keselek liat poster terakhir nya
    masih liat trailernya nunggu donasi donlotan yg mau kasih ke aku cuma2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonus stikernya keren,,,, bikin aku haru biru. Pengen punya istri lima :)

      Hapus
    2. yaelah, kalau yang "tak dirindukan" mah udah pernah tayang di tv Indonesia. yang terbaru itu yang "dirindukan".

      Hapus
    3. mas Djangkaru nampaknya mau menyaingi aa Gym

      Hapus
  3. Aku ingin menggaris bawahi kalimat ditengah entah yang mana aku lupa, yang isinya sinetron indonesia memang mengandung edukasi. Wajib kita apresiasi dan kita beri semangat, agar lebih bernilai edukasinya lagi .Setuju kan ??
    Akrab sama mantan-mantan pacar, kalau bagiku mah, ogah. Sama saja membuka luka yang pernah kering ,basah dan bernanah lagi. Perih rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nga usah di garis bawahi, distabilo aja. wwqwq
      setujuuu!

      terpaksa karena keadaan, ya mau gimana lagi.

      Hapus
  4. Secara keseluruhan tampaknya cerita ini bikin gemes, lucu sekaligus sedih, eh apaya? nano nano gitu rasanya

    betul kadang aku juga salah kaprah dengan kata kasar, ah semoga kedepan bisa ku pahami yang kasar belum tentu benci

    menunjukkan rasa sayang dan perhatian pada seseorang tiap individu itu memang beda-beda

    ok mungkin seharusnya aku mulai menyukai film korea walau kesulitan membaca judul dan nama pemainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin gemes pengin macarin nam joo hyuk ya?

      haha yak tuls.
      mending perkataan yang kasar tapi menggandung arti yang baik. daripada kata-kata manis yang menyakitkan

      nga harus juga sih, mbak. hehe

      Hapus
  5. Yah abang g suka drama korea neng
    Gimana dund
    Emang lee min ho lebih ganteng dari abang y neng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya enggak gimana-gimana bang.

      iya aja deh, biar cepet.

      Hapus
  6. Whaat berteman dengan pacar mantan?? emejing!! Sensasional!!

    Aku setuju, tidak semua orang bisa mengungkapkan "kebaikannya" dengan kata yang lemah lembut. :)

    BalasHapus
  7. darikisah yang tak ikuti lewat artikel ini, sepertinya jalan ceritanya beraneka rasa banget ya...seru deh kayanya mah

    BalasHapus
  8. Aku gasuka drakor. Soale kelamaan bikin gasabar gemesss gemesss sendiri gigit-gigit guling. Traumaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku gemes pengen gigit-gigit bibir pemeran cowoknya.
      ehe he he

      Hapus
  9. Jadi tahu stlah baca ini. Sbnarnya aku tidak suka sama film drama gini. Tp aku salut sama Puti bisa tahu detailnya ya. Bahkan kapan di tayangin.na ini film di korea..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba deh nonton sekali-kali. jangan piknik mulu. wqwq

      Hapus
  10. aku kira cwek yang ptongan rambutnya pendek, itu cwok ternyata cwek hehe

    BalasHapus
  11. Ciieeee cieee... yang suami masa depannya Lee Min Ho.. Selamat.. :D
    BTW, dari kemarin udah nonton Legend of the Blue Sea.. tapi masih stay di episod 1.. :D lagi sibuk #kokcurhat

    Kisah anak yang tertukar sama perebutan harta? Yakali ini sinetron Indonesia, eh salah. #upsss yang ini gue setuju banget! bukan salah!

    "Dari drama ini kita belajar bahwa cantik itu tidak melulu harus langsing, melainkan inner beauty-lah yang terpenting!"
    WOW!! SERIUSKAH???

    "Berteman dengan mantan pacar - pacar kita adalah pertanda bahwa kita memiliki pemikiran yang luas"
    OH GITU #masihmikir

    BTW.. tuh poster SURGA YANG TAK DIRINDUKAN kenapa ngenes kayak gitu?
    Kemana perginya Laudya Chintya Bella yang manis dan Rallin Shah yang cantik menawan? Hahahaa... :D

    #SalamKunjunganBalik

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOTBS baru sampai ep 13 wqwq. mau lanjut nonton belum punya kuota buat download.

      Hapus
  12. temen gue sekamar tergila gila banget sama drama ini, gue yang awalnay ga ngikutin jadi ampe nonton beberapa episode juga haha. gue suka ceweya manis sih, imut imut gimana gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi pas dia ngomong sambil monyong2.. gemesin beudh

      Hapus
  13. ini jadi maksa baca ini jadi kek nonton film aja tau ceritanya.
    tapi lebih fokus aku ke gambarnya.

    aku mah kurang suka bahkan belum pernah nonton drama korea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain nonton deh, dan rasakan sensasinya.

      Hapus
  14. Dari atlet angkat besi sampek cinta ke dokter gizi ni put kamsudnya xixixiix, tapi emang iyak si yang jadi bok jo mukanya mayan sangar alias machooo sebagai ukuran cewe korea yang biasanya cute chibi2 gitu hahahah
    Emmm jadi kesimpulane sinetron indonesia sama dg sinetron turki ya klo dari segi cerita
    Sukantuh pas bagian, ga selamanya kata kata lembut menunjukkan cinta, malah kadang yang lembut lembut yang suka nusuk lebih dalem tuh
    Ibaratnya yang ngomongnya kasar keras to the point ada juga ya yang itu emang karakternya, n tetep cinta2 aja tsaahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dokter berat badaaann.. hheh

      mmm sebelas dua belas sih mba. yang jelas, episodenya sama-sama panjaaaang.

      Hapus

Tinggalin jejak dulu ya sebelum close tab,.. ^0^
Biar bisa dikunjungin balik \m/

Aku Adalah

Puti Andini

Pengabdi Wifi Telkom...

Bagian dari

Your Lucky Number

Kategori