16 Apr 2017

[Maksa Cerita] Tunnel

Annyeong haseyo~

Kembali lagi bersama gue, calon istri masa depannya Park Bo Gum yang sekarang kebetulan sedang menyandang status sebagai pacar resminya Nam Joo Hyuk sekaligus gebetannya Park Hae Jin, dan belum lama ini, gue baru saja mengakhiri hubungan gue dengan Lee Min Ho (padahal Lee Min Ho bersikeras ngga mau putus sama gue, loh).

Semua ini karena gue kasian sama mBae Suzy, yaa, sesama cewee, gue ngerti banget lah gimana perasaan mBae Suzy ini. Gue tau kok gimana rasanya digantungin gitu aja sama gebetan.

Hvft,

Pukpuk mBae Suzy...

RIP yang ngedit. V:

Loh?! Mau kemana? Jangan close tab dulu... 
Jangan pokoknya!

Soalnya sekarang gue mau maksa cerita lagi nih, dan nggak mau tau, pokoknya kalian harus baca…..

Kalau tetep enggak mau….

Mmmm

Ya nggak apa-apa juga sih...

Tapi kalau nanti kalian lagi bawa motor/mobil, terus remnya mendadak blong, itu berarti ulah gue, ya..

ㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋ....!!!  (ketawa anaq hitz Korea)

Kali ini gue akan menceritakan sebuah drama Korea yang sekarang ini sedang tayang di Korea. Yaitu Tunnel.


Drama yang berjudul Tunnel/터널/Terowongan ini mengisahkan seorang detektif yang terlempar ke masa modern. Drama ini memiliki 3 pemeran utama, mereka adalah Choi Jin Hyuk yang baru saja keluar dari Wajib Militernya, lalu kemudian pemain base ball yang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini sudah menjadi aktor yang dibilang lumayan laris ngalahin tante Anggi, yaitu Yoon Hyun Min, dan yang terakhir, untuk pemeran utama wanita diperankan oleh aktris cantek yang bernama Lee Yoo Young.

Choi Jin Hyuk, Lee Yoo Young, Yoon Hyun Min

Drama ini akan ditayangkan di saluran televisi OCN, Korea, mulai tanggal 18 Maret sampai 7 Mei 2017 (kalau tidak ada perubahan) setiap Sabtu dan Minggu pk 22.00 WKS. Drama ini diperkirakan mempunyai  total 16 episode dengan genre detective, crime, thriller, fantasy yang sayang banget kalau sampai gue lewatkan.

Drama Tunnel adalah drama yang menggantikan drama ‘Voice’, maka dari itu tidak heran kalau gue merasa ada sedikit kemiripan antara drama Voice dan Tunnel ini. Namanya juga satu rumah produksi, ya kan?

Kalau dibandingkan dengan drama Voice, menurut gue, Tunnel itu jalan ceritanya lebih mudah untuk diikuti. Tunnel tidak seperti  Voice yang adegannya 80% adalah adegan kekerasan, bahkan Voice juga sempat  mendapat teguran dari KPK (komisi Penyiaran Korea).

Gimana nggak ditegor, lha wong tiap episodenya berdarah-darah gitu, kok. Gue aja sampai sekarang masih bimbang mau lanjut nonton sampai apa enggak. Mau nonton tapi takut nanti nggak doyan makan, nggak nonton tapi gue pengen liat suami tua gue, aa Yesung. Ah!

Drama‘Tunnel’ ini sendiri disutradarai oleh Kim Kyung Chul dan juga Kim Sung Min. Sementara untuk penulis naskahnya adalah Lee Eun Mi. Selain ketiga pemeran utama yang sudah gue sebutkan di atas drama ini juga dibintangi oleh pemeran pendukung lainnya seperti, N ( Park Kwang Ho 1988), Lee Shi Ah (pemeran istri Kwang Ho 1986), Kang Ki Young (Song Min Ah), Kim Dong Young (Sung Shik muda), Joo Hee Bong (Sung Shik dewasa), dan Kim Byung Chul.

Sinopsis Singkat Drama Kore Tunnel

Pada tahun 1986, Park Kwang Ho (Choi Jin Hyuk) seorang detektif yang tengah dihadapkan dengan sebuah kasus pembunuhan berantai yang sudah merenggut banyak nyawa. Para korban pembunuhan tersebut adalah para perempuan muda berkisar usia 20-30 tahun.

Setelah melakukan pencarian si pembunuh yang memakan waktu cukup lama, akhirnya Park Kwang Ho berhasil menemukan tempat persembunyian pembunuh itu, tepatnya di sebuah terowongan. Ketika sedang berusaha mengejar pembunuh itu, Park Kwang Ho justru diserang oleh pembunuh tersebut sampai dia tidak sadarkan diri.

Beberapa saat setelah itu, akhirnya Park Kwang Ho sadarkan diri. Sambil mencari penjahat yang telah dia kejar sebelumnya, Park Kwang Ho berjalan di dalam terowongan itu. Setelah sampai di luar terowongan, ternyata, dunia yang ada dihadapan Park Kwang Ho saat itu sudah tidak sama lagi dengan dunia yang dia tinggali sebelum dia diserang oleh pembunuh tadi. Park Kwang Ho ada di tahun 2016, yang artinya, dia telah melintasi waktu selama 30 tahun.

Ketika Park Kwang Ho keluar dari terowongan itu, sebenarnya dia belum sadar kalau dunianya sudah berbeda. Dia kemudian berjalan menuju ke kantor polisi tempat dia bekerja. Saat sedang menyebrang jalan, Park Kwang Ho hampir tertabrak oleh mobil yang  dikendarai oleh seseorang yang nantinya akan sangat berpengaruh bagi hidup Park Kwang Ho. Dia adalah Park Kwang Ho yang lahir di tahun 1988.


Park Kwang Ho (1988) adalah seorang Kopral yang baru saja akan di pindah tugaskan ke kantor polisi Hwayang. Namun tidak ada yang mengetahui, kalau ternyata dia sedang diburu oleh seseorang.

Kesalahpahaman pun muncul, ketika Park Kwang Ho (dari 1986) datang ke Kantor polisi Hwayang. Orang-orang mengira bahwa dia adalah Park Kwang Ho (1988), kecuali salah seorang dari mereka, yaitu Kim Sung Shik, ketua team mereka yang mengenali wajah Park Kwang Ho, karena dulu Kim Sung Shik adalah bawahan Park Kwang Ho (tahun 1986).
 

Park Kwang Ho harus menerima nasibnya yaang kini terdampar di tahun 2016. Dia kehilangan semuanya, termasuk istrinya yang tertinggal di tahun 1986.

Sambil mencari cara agar dia bisa kembali lagi ke tahun 1986, karena tidak punya pilihan lain Park Kwang Ho pun memutuskan untuk memakai identidas Park Kwang Ho (1988) agar dia tidak dicurigai orang-orang.

Park Kwang Ho kemudian menjadi partner Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min). Kim Sun Jae adalah seorang letnan yang selalu terobsesi untuk menangkap seorang penjahat. Mereka berdua dicap sebagai partner sinting sekaligus menakutkan, karena mereka tidak pernah akur dan sangat tempramental.

BRomance detected nih.. kira-kira bakalan nyaingin the dumb and the dumber ahjussi goblin sama malaikat maut, nggak ya?
Shin Jae Yi (Lee Yoo Young) kemudian hadir ditengah-tengah mereka berdua. Karena dari kecil  Shin Jae Yi sangat menyukai hal-hal yang berbau kriminal, maka dari itu, dia mempelajari psikologis tentang seorang kriminal. Berkat keahliannya itu, BRomance sinting, Park Kwang Ho dan Kim Sun Jae, banyak terbantu olehnya.

Setiap kasus yang mereka bertiga tangani, lama kelamaan mengerucut ke kasus pembunuhan berantai yang sedang diselidiki oleh Park Kwang Ho di tahun 1986. Termasuk keberadaan Park Kwang Ho asli yang tidak diketahui. Seolah semua sudah diatur sedemikian rupa. Ketika Park Kwang Ho dari masa lalu datang, tiba-tiba Park Kwang Ho di masa depan menghilang begitu saja. Demikian juga tentang keberadaan si pembunuh berantai yang kemungkinan besar ikut terbawa ke tahun 2016.

Komentar gue tentang Dram Tunnel

ASDSDHFDKJDGNDFNGDFJBVD!!!
Anjir! Gue penasaran banget sama drama ini, kampret! Hih!

Di setiap episode drama ini menceritakan tiap kasus yang berbeda, yang bikin gue mendesah “owh gawd! Kok bisa kepikiran sampe kesitu ya?”

Cerita tentang detective dan thriller yang sangat kental tidak membuat drama ini  menyeramkan, karena diselingi dengan bumbu komedi juga.

Kayak misalkan pas pertama kali Park Kwang Ho sadar kalau dia ada di tahun 2016. Dia nggak tau hal-hal yang berbau-bau modern, dia nggak tau smartphone itu apa? internet itu apa? dia nggak tau gps, dia nggak tau cctv, dia nggak tau komputer. Park Kwang Ho hidup di zaman, dimana laporan masih diketik dengan menggunakan mesin ketik. Dia harus banyak menyesuaikan diri dengan teknologi modern yang digunakan dalam setiap menangani kasus.

Atau adegan dia sama bawahannya dulu, dimana di tahun 2016, bawahannya malah menjadi atasan Kwang Ho. Sung Shik jadi dilema, mau manggil Sunbae, atau manggil nama doang. Karena dilihat dari penampilan, usia Sung Sik jauh lebih tua dibandingkan Kwang Ho.


“Oh, bagai mana cara memasukan foto kedalam benda itu”.
Sambil hpnya digetok-getok

Kalau  kisah cintanya, hmmm gue sih yakin banget kalau Sun Jae naksir sama Prof Shin Jae Yi. Tapi, itu juga cuma sedikit banget diceritainnya. Jadi nggak bakalan bisa bikin kalian bilang “ah cinta-cintaan muluk”

Saat gue nulis postingan ini, drama ini baru tayang 6 episode saja. Kebayang kan gimana penasarannya gue.

Saking penasarannya, gue sampai punya asumsi sendiri perihal drama ini.

Yang pertama
Gue menduga kalau Prof Shin Jae Yi adalah anaknya Park Kwang Ho (dari tahun 1986), kalau nggak salah baca subtitle, istrinya Park Kwang Ho itu lagi hamil muda pas ditinggal sama Park Kwang Ho. Karena biar bagaimanapun, Park Kwang Ho sudah pergi selama 30 tahun. Walaupun disitu diceritakan kalau orang tua Prof Shin Jae Yi sudah meninggal gara-gara kebakaran dan kemudian dia diadopsi pas umur 15 tahun.

Anehnya, sampai Prof Shin Jae Yi dewasa, dia nggak pernah lihat jenazah ibunya, dan kasus kebakaran itu ditutup begitu saja. Hmmm

Belum lagi, Pas Park Kwang Ho nyari identitas Istrinya di tahun 2016 tapi nggak ketemu, malah justru nggak terdaftar sama sekali di Kantor kependudukan, gue curiga kalau ada hal besar yang terjadi dalam kurun waktu 30 tahun itu (bagi Kwang Ho mungkin satu malam). We’ll see..

Ke dua.
Kim Sun Jae adalah anak tentara, yang 30 tahun lalu istrinya ditemukan tewas sama Park Kwang Ho.

Ke tiga.
Si pembunuh berantai tahun 1986, bisa melakukan perjalanan waktu juga. Disini gue malah mencurigai dokter forensic yang selalu meng-autopsi para jenazah korban pembunuhan.

Ke empat.
Park Kwang Ho (1988) sudah mati dibunuh pembunuh berantai itu. Bisa jadi, pembunuh cuma tau nama Park Kwang Ho tapi nggak tau wajah Park Kwang Ho. Soalnya mereka juga ketemunya di lorong terowongan yang gelap. Baik si pembunuh ataupun Park Kwang Ho, masing-masing tidak bisa saling melihat wajah. Jadi pas dia ketemu sama Park Kwang Ho di tahun 2016, dia mengira kalau itu adalah Park Kwang Ho yang dia cari.

Kalau pembunuhnya beneran bisa melakukan perjalanan waktu, berarti drama ini mirip drama W. Soalnya sama-sama bisa keluar masuk dimensi berbeda.

Hmmmm.

Lanjoot

Ke lima.
 
kemuingkinan Park Kwang Ho nggak bisa balik lagi ke tahun 1986 deh, kalaupun bisa balik, mungkin cuma sebentar. Abis itu menetap di tahun 2016.

Ke enam. 
Gue sangat yakin seyakin yakinnya orang yakin, kalau kalian nggak baca semua tulisan gue. Hayolo ngaku!

Dahlahya~
Bukan kalian aja kok yang cape baca postingan gue yang tulisannya awut-awutan ini, soalnya gue yang nulis juga tangannya ngerasa pegel sakpole.

Pokoknya, gue sangat merekomendasikan drama Korea ini. Ceritanya nggak lebay kok! Gue jamin deh. Genrenya emang fantasy, tapi banyak banget pesan moral yang bisa kita ambil dari cerita ini. Intinya tuh kayak; ya memang drama ini menceritakan tentang perjalanan waktu yang nggak mungkin banget ada di dunia nyata, tapi cerita soal kesetiaan, perjuangan, kerja sama, tanggung jawab, cara untuk menghadapi trauma, itu bukan cerita fantasy, kan?


Another story

Gue sebenernya kasian sama N, tokoh yang memerankan Park Kwang Ho 1988. Adegannya cuma sedikit, pas dishoot kamera pas mukanya cemong-cemong gitu, nggak ada dialognya pula. Eh, ketemu-ketemu udah mati gitu aja, boro-boro bisa dialog. Dapet kesempatan buat pamer abs, cuma beberapa detik doang, abis itu perutnya malah bedah karena mau diautopsi. Nasibmuu ya, eN....
wqwqwq



  15 komentar:

  1. Kalo ceritanya lompat lompat waktu (apa sih namanya?) Aku kadang bingung. Pernah nonton "faith" rada bingung soalnya.

    Btw geli ya kalo lihat adegan orang terbengong bengong atau berekspresi gak ngerti teknologi ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. time jumpung's (pake s, soalnya lompat-lompat) wqwqwqwq

      kalau diikutin pasti nga bingung kok. kalau setengah-setengah ya pasti bingung.

      iya... lutjuk banget kalau seandainya da beneran orang kayak gitu.

      Hapus
  2. Pas baca "pk 22.00 WKS", kirain ini lagi ketawa. Anak kekinian kan ketawanya "bhak", "wks~", atau "ngakak". :')

    Udah ah, aku mah no komen soal drakor. Belum kuat staminanya setelah nonton DotS. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wqwqwq itu maksudnya Waktu Korea Selatan. singkatan versi aku sendiri

      Harusnya memang KST.
      tapi takunya dikira singkatan dari KESET, KASET, KUSUT, KISUT, KASAT, KASUT.
      ini apaan sih ya Allah :'(

      Hapus
  3. yang ditunggu kok pamer abs nak, aurat nak aurat :P
    btw Lee Yoo Young ini yang maen di fatal Intuition ya.,
    masih baper film itu
    sayang TV OCN ini gak ada di daftar lync sat parabola
    fix nunggu belas kasihan donlotan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehe he he.

      aku malah nga tau. tapi kayak sering liat gitu di drama-drama saeguk.

      nggak usah nunggu. sejam setelah tayang di Korea, udah bisa didownload di web2 drakor. nggak kayak film boxoffice yang diupload di webnya nunggu sebulan tanyang dulu.

      Hapus
  4. Kirain tunnel itu cerita seorang detektif muda yg tubuhnya​ menyusut jadi anak kecil
    Trus si ceweknya gtw kalo pacarnya yg detektif itu udah jadi anak kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngak tau pak guru niki lagi nyeritain detective yang mana. hvft.
      pengetahuanku tentang detektif masih sangatlah kurang pak guru...

      Hapus
  5. KALIMAT PERTAMA KVMVRT PISAN!

    Belom nonton saiah... padahal pilem2 kek gitu saya suka...
    Pokoknya yg berhubungan dg mesin waktu, aku sukah...

    Jadi inget komik Donald Bebek bersama paman Gober yg menggunakan mesin waktu..Itu komik jadul banged put...... thn 80-an :)

    Mulai dari itulah aku suka pilem2 yg menceritakan ttg masa depan/masa lalu..mesin waktuh gituh lah ...

    Hasyekkkk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalimat pertama biasa aja ah perasaan.

      iya tau -_-. aku juga masih ngalamin jaman majalah bobo keleus.

      Hapus
  6. "Gue sangat yakin seyakin yakinnya orang yakin, kalau kalian nggak baca semua tulisan gue. Hayolo ngaku!"

    Apa yang lu bilang barusan, hampir betul. Karena gue cuma baca cepet pakai teknik skimming gitu. Sebab, gue gak ngerti DraKor. Awal lu sebutin nama-nama itu di paragraf pertama aja udah bingung. Cuma tau Suzy dan Lee Min Ho. Taik gue jujur amat. Hahaha.

    Baru tahu gue kalau thriller ada komedinya gitu. Biar gak tegang-tegang amat, ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.
      maafkeun.
      biasanya emang kalau aku nulis tentang drakor tujuannya cuma satu.
      memuaskan diri sendiri, terlepas nanti nggak ada yang baca juga bodo amat. yang penting puasss.

      segitu juga udah lumayan. udah uyuhan.

      kayaknya sih.
      eh tapi nggak ada salahnya coba diton2.

      *dipelototonYoga.

      eh iya.. iya.. enggak nonton juga nga apa2 kok.

      Hapus
  7. Wah sama bgt sama pemikiran gw klo kwang hoo sama sun jae itu bapak sama anak, nggak tau kenapa

    BalasHapus
  8. daftabet | thauberbet.com
    daftabet.com. daftabet is a casino betting site, which you can ラッキーニッキー find in Thailand, Thailand, Philippines, and 퍼스트 카지노 more. Daftabet dafabet has become one of the hottest new online casino

    BalasHapus

Tinggalin jejak dulu ya sebelum close tab,.. ^0^
Biar bisa dikunjungin balik \m/

Aku Adalah

Puti Andini

Pengabdi Wifi Telkom...

Bagian dari

Your Lucky Number

Kategori