21 Feb 2016

Sumpah! Ini kayaknya lebih parah dari Friendzone


Nggak kerasa kita ada di penghujung bulan February di tahun 2016, tau-tau udah masuk tanggal keramat di akhir bulan, yang bikin otot-otot disekitar bibir mengkeret, tau-tau besok udah masuk bulan Maret, yang artinya gue harus udah booking tiket kereta, tau-tau udah mudik lebaran, pulang kampung terus ketemu Emak. 

Gila yah, waktu bisa secepat itu berlalu. Sama kayak bulu-buluan dikaki,tangan serta merta kumis gue yang kalo diliat-liat kayaknya makin hari makin panjang. Keren!

Kenapa yah? Gue suka ngerasa kalo kita flashback waktu kebelakang berasa kayak cepet banget, dan nggak kerasa gue kerja disini udah mau 3 tahun ! Padahal ngejalanin tiap harinya tuh berasa kayak ngesot-ngesot gimana gitu. Ketemu sama yang namanya bangun pagi lagi, kesiangan lah, nunggu jam istirahat yang lama lah, nunggu bel pulang yang lama, ngantuk tiap kali bertatap-tatapan sama yang namanya monitor, diomelin senior sampe manager. Duh!! kayaknya nggak satu haripun terlewatkan tanpa keluhan dari gue, Puti payah emang.

Orang bilang kita nggak boleh terjebak sama yang namanya “Comfort Zone” dan katanya itu berbahaya. Emang apa sih “Comfort Zone” atau yang lebih enak gue bilang dengan zona nyaman itu?

Beda sama Friendzone yang justru bikin hati kita nggak pernah tenang tiap harinya, Comfort Zone justru bikin kita nggak bisa pindah kelain hati. Tapi ujungnya sama kok.. NGGAK ENAK.

Zona nyaman atau comfort zone adalah suatu wilayah yang subyektif dan individual. Wilayah itu, adalah sebuah wilayah di mana kita merasa "nyaman" dan merasa "punya kendali". Ketahuilah, bahwa itu semua sebenarnya adalah tipuan. Sebab, apa yang sesungguhnya kita rasakan tanpa sadar, adalah "tidak nyaman" dan "tak punya kendali".

Yup! Bener banget dalil naqli yang gue kutip dari  gugel dengan keyword “ZONA NYAMAN” kayaknya emang bener gue udah terjebak dalam bayangan mantan Lingkup Zona Nyaman. 

Gue udah mager banget buat nyari kerja ditempat lain, alesannya klasik banget, gue takut kalo nggak bisa dapetin kerjaan yang lebih baik dari ini. Mending kalo Cuma dapet tempat kerja yang gak enak, lah kalo malah sama sekali nggak dapet? Alias jadi pengangguran? Gak mau!

Aneh yah? padahal belum pernah dicoba tapi udah pesimis gitu. Dasar manusia.

Gue pernah, beberapa kali masukin lamaran di tempat lain, eh 2x ding kalo nggak salah dan emang nggak dapet panggilan sama sekali, tuh kan ngeri. Belum lagi kalo dipanggil dan gue jadi anak baru lagi, beradaptasi lagi, jadi junior lagi, ya kalo orangnya nggak kaya macan semua, kalo mereka galak terus gue gak betah, akhirnya gue resign dan jadi pengangguran. Gak mau!

Susah sih buat orang yang punya rasa Parno sekeren gue, belum apa-apa mikirnya udah kemana-mana. Belum jadian udah mikirin putusnya kapan. Tuh kan!

Sebenernya kerja disini dibilang nyaman juda enggak sih, cuman ya gitu. GUE MAGER! Gue juga nggak enjoy-enjoy amat sama kerjaan gue. Soal lingkugan dan temen-temen? Biasa aja, nggak ada yang bikin gue kayak “gue punya keluarga kedua”. Apalagi ditempat gue kerja emang dominan orang-orang yang nggak bisa keluar dari zona nyaman mereka juga. Yah, mungkin gue semacam ketularan barangkali.

Lebih anehnya lagi, ada orang yang ber kali-kali ngomong pengen resign, dari pertama gue masuk kerja sampe sekarang gue udah mau 3 tahun kerja, orangnya masih utuh disini. Kan? Bisa dibayangin betapa “nyaman”nya dia.

Dulu kalo gue ngomong pengen pindah kerja sama tante gue pasti tante gue bilang “ udah put, pindah aja, kamu kan masih fresh graduate, masih gampang buat nyari kerja” lah sekarang? Umur udah segini, makin susah aja buat nyari kerja lagi, akhirnya tambah mager.

Belum lagi kalo mau ngelamar kerja tuh harus ngurus surat ini itu. Gue males banget. Kalian iya nggak sih? Gue tuh paling males kalo udah berurusan sama yang namanya fc ktp, fc ijazah,skck, kartu kuning, fc kk, domisili, sk dokter, ah ya pokoknya gitu-gitu lah, hal yang berurusan sama dokumen-dokumen super ribet itu.

Setelah di telaah dengan seksama, gue emang udah terdampar di ComfortZone ini jauh sebelum gue sadar. Namun setelah sadar, gue masih tetep mager. Astaghfirullah. . Puti butuh kamu.

  28 komentar:

  1. Udah neng pindah ke hati abang aja
    .
    Kit senasib ya neng
    Cuma abang itu zona nyamannya betah jadi pengangguran
    Hahaha
    Berkali2 ngelamar belom ada panggilan, belom lulus tes
    Lama2 mager fuih
    .
    Udah neng kerja aja dulu disitu sambil nyari2 juga neng
    Sebenarnya banyak loh neng kerjaan
    Semisal ngitungin rumput senayan
    Ngitungin kecepatan angin
    Makan
    Tidur
    Ngetik
    Itu juga termasuk kerjaan neng loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abang. Puisi abang bkin eneng speechless.
      Napas . Berkedip. Gitu kan bang? Bang ? Abaaaang? Abaaang kemana? JAWAB ABAANG... HIIIKSSSS

      Hapus
  2. jangan sampe putus semangat yah. ntar jadi LGBT lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bawahh ane tau 👇

      Hapus
    2. LGBT = Lagi Galau Butuh Tiupan....
      Tiupan mesra... kekkekkekekekkekekkekeekkkekek....

      *sandal mana sandaaaal????

      Hapus
  3. Nah, itu nggak enaknya wkwkwkwkw..
    kayak makan buah simalakama....
    tapi emaang kalau kerjaan dan orang orang di kantor nggak jadi keluarga kedua, pekerjaan jadi terasa hambar banget yak ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belom pernah makan buah simalakama adeeekkk.. Ahhh jadi pengen :'(

      Iya hambar banget. Ibarat att war nggak bawa si barking .

      Hapus
  4. Pengen komentar apaan ya. Bingung belum pernah kerja kantoran, jadi bingung. Hehehe. Kalo cewek mah gak usah di pikirin. Toh nanti bakalan nikah, terus yang nafkahin suami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa gitu dong? cewek juga harus bisa mandiri. kalo bisa punya penghasilan sendiri. Ini kenapa gua yang nyolot?

      Hapus
    2. Gak bisa gitu dong! #ikutan sewot #nyomot bakwan.
      Cewe mandiri juga istriable banget ben. Wkwkwk

      Tos dulu dib. #proook #eaaakk

      Hapus
  5. Kayak gue dong, Put. Sekarang jadi pengangguran karena gak mikir risikonya. Awalnya emang sedikit takut buat resign dan dilarang orangtua, tapi ya... tetep nekat. Terus sekarang rezeki mah ada aja. Biarpun nggak sebanyak pas masih kerja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh enak yah gak mikir resikonya.
      Kalo aku nganggur resikonya banyak banget. Misal ; terancamnya sekolah adek-adeku.

      Iya sih percaya kalo rejekimah pasti ada aja, cumaaan ya cumaaaann....

      Hapus
  6. Wahh.. gila bertahan sampai 3 tahun... kurang nyaman apa coba? Hehehe

    Iya juga ribet emang mikirin perkakas dokumen.. nah itu yang nyaman sama sekarang #eeh..

    Merasa nyaman itu lebih bahaya daripada merasa gelisah ya.. ckckk

    Semangat Qaqaa...!! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibarat pohonmah udah berakaar kali yah. Wkwk

      Kirain perkakas kayak palu, tang, obeng, paku.. Ternyata dokumen :))

      Sama sama bikin bahaya sih.

      Iya terimakasih :*

      Hapus
  7. Hahahaha wah berarti kita beda banget put. Ceritanya mirip sama cerita temen gue yang tidak bisa disebutkan namanya nih) :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lah beda. Kamu kan bukan wanita..
      Kayak voldemort gitu yah?

      Hapus
  8. Lo udah harus booking tiket kereta lagi untuk pulang kampung dan ketemu Emak, wah... waktu emang cepet banget berlalu, tapi kalo untuk urusan pulang kampung dan ketemu keluarga, pastinya seneng kan? :D

    Wow, udah mau tiga tahun kerja. Bisa bertahan lebih dari setahun itu hebat. Mengesampingkan drama comfort zone dan semacemnya, at least nanti tertera di CV lo kalo lo punya pengalaman sekian tahun di suatu kantor tertentu (jadi poin tersendiri).

    Now, we're talking about comfort zone. Gua pun juga ngalamin Put. Gua belom siap lagi berhubungan sama legalitas akademis, interview, adaptasi tempat baru, masalah baru, dll. Gua pernah coba ngelamar kerja ke tempat lain dan gua hentiin di tengah jalan pas proses rekrutmennya masih berlangsung. Kemudian gua sadar, bahwa dimanapun kita kerja, kita akan nemuin masalah yang sama. Akhirnya gua nanemin mindset ke diri gua: "Bay, nikmatin aja pekerjaan & kantor lo sekarang, itu satu-satunya cara." Alhamdulillah berhasil sekitar setahun belakangan. Gua mencoba mencintai pekerjaan gua sekarang, mencoba bersosialisasi dengan banyak orang yang berpikiran positif di kantor, dan punya proyek lain yang menyenangkan di luar kerjaan, alias ngeblog. Jadi pas ngeblog, gua berasa masuk dunia lain yang emang gua suka. Ampuh banget untuk ngusir penatnya ngurusin angka dll hehe.

    Waduh, comment gua kepanjangan nih kayaknya haha. Sorry. Come on Put, you can do it. Kalo lo mager pindah kerja, jalan satu-satunya adalah mencoba menikmati pekerjaan lo yang sekarang. Eksplor & temuin sisi lain dunia kerja lo, dan banyak bersyukur :)

    Semangat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fyuuuhhhh tarik napas dulu...
      #brooot
      Eh maap keceplosan

      Iya seneng ketemu emaknya doang. Nggak ada hal lain yang bikin seneng selain itu kalo pulang kampung :( apa lagi pas lebaran. Tau sendiri lah.. Usia segini kita pasti idah jadi om dan tante yang punya banyak dedek ponakan ngegemesin saat minta jatah angpau.

      Yang ada .. Udah keburu kadaluwarsa duluan mad. Keburu tua buat nglamar ditempat lain.

      Mmmm masalahnya aku nggak tau hal apa yang mau eksplor. Aku cenderung ngelakuin hal yang aku suka itu setengah2 dan nggak pernah serius. Contohnya ya kayak ngeblog gini.

      Iyaaa.. Bersyukur kok pasti :)

      Hapus
  9. Kalo untuk kerjaan gue belum pernah nyobain buat keluar dari zona nyaman sih, karena emang gue belum masuk ke zona kerja. ehehe

    Tapi kalo menurut gue pribadi sih, ya cobain hal2 yang baru aja put. ngapain takut melangkah, pengalaman kan bisa dateng dari mana aja. kalo gagal di sini kan bisa lagi coba disono. gitu, aja sih.
    Makasih .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Magang kek gt? Belum pernah nyoba?

      Ah azkaaa.. Teori itu gampang bgt. Ngejalaninnya yang astaghfirullah susahnyaaa..

      Hapus
  10. ya gitu deh embak puti, manusia hidup pasti ada yang di keluhin.
    Tapi sesungguhny alebih sulit Friendzone daripada comfortzone. Percayalah.

    jadi ini ceritanya pengen pindah tapi ngerasa 'Nyaman' tapi bosen juga. hhm. ya sambil cari-cari aja, jangan males buat mencoba. gak bakal tau kalo gak pernah nyoba kan?
    asal jangan coba-coba barang haram aja sih.

    Kalo aku malah seneng gitu ngurus-ngurus data pribadi gitu, terus ntar disimpen, gimana ya. kaya ada sensasi tersendiri gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyeee ada anakan komodo yang paham banget sama dunia per-friendzone-nan.

      Udah pernahbnyoba dib. Cuma gagal. Jadinya tambah mager gini.

      Kok seneng sih. Ih kamu emang anakan komodo yang langka dan perlu dilestarikan. Soalnya kebanyakan manusia normal pasti punya pikiran yang sama kek aku.

      Hapus
  11. hmmm, kalau udah nyaman ya memang susah. terkadang, comfort zone memang bisa terasa lebih horror daripada friendzone, brother zone, bahkan ojek zone sekalipun. karena comfortz zone main di masalah batin juga sih :")

    BalasHapus
  12. Kalau udah masuk di comfort zone, rasanya itu kayak gimana ya? serba salah gitu ya intinya :'

    BalasHapus
  13. Hai Puti... Udah, sini kerja sama Pangeran aja. Jaga hati Pangeran.. *Eh.. anu.." Hahaha

    Kalo udah nyaman kek gitu, menurut Pangeran salah. Soalnya gak ada niat buat lebih baik. Ayo dong Puti, kamu pasti bisa lho... BEgini, ya. Emang, sih. Kalo udah kerja dan harus nyari kerja baru yg lebih baik itu sulit. KARENA GK DICOBA NENG.

    Kalo udah dicoba dan belum berhasil. Ini karena harus lewat Proses dulu. Makanya, senyaman apapun, kalo tujuannya lebih baik, Pangeran bakalan nyari yg lebih baik. Atau... mau Pangeran temenin untuk nyari yg lebih baik?

    BalasHapus
  14. baru tiga tahun... nih gue udah 11 tahun disini...
    tapi aseli put, jangan kelamaan... nanti keriput disitu... rambut memutih, gigi menghitam, pipi mengkirut, mata menghitam, kuku menghijau...

    gue ajah lg prepare buat bikin usaha sendiri... Niate sih bikin distro sembari jualan online produk sendiri... utk jualan online-nya udah gue mulai.
    lagi persiapan tempat distro dan ngumpulin receh buat beli digital printing :)
    #kagak nanya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus

Tinggalin jejak dulu ya sebelum close tab,.. ^0^
Biar bisa dikunjungin balik \m/

Aku Adalah

Puti Andini

Pengabdi Wifi Telkom...

Bagian dari

Your Lucky Number

Kategori