11 Des 2016

Keberuntungan

Libur kerja merupakan hari yang gue tunggu-tunggu, dimana gue udah merencanakan segudang kegiatan untuk gue lakukan. Kegiatan itu, biasanya seperti beres-beres kontrakan, nyuci, nyetrika, beresin isi lemari, bersihin isi kulkas, ya pokoknya kegiatan yang membuat gue semakin menjadi istri-able banget lah.

Tapi apalah daya, ternyata itu semua cuma jadi wacana belaka, karena yang kegiatan yang sesungguhnya gue lakukan adalah ; bangun tidur - beli pisang goreng - ngopi cantik - nonton Drama Korea sakpole.  

Di tengah-tengah kekhusyukan gue nonton, tiba-tiba hp gue nyala layarnya, pas gue liat, ternyata ibu gue yang telpon. 
“Nanti Puti telpon balik, Mah” kata gue sambil nutup tlp. 
Durhaka banget ya gue. Hiks :’(
Mata gue kembali tertuju ke layar laptop.
 
Hari Sabtu, jadwal kuliah gue dimulai dari jam 3 sore sampai jam 6. Setelah keluar kelas, gue langsung ngibrit buat pulang, pikiran gue udah ngejokrok di depan laptop, padahal raganya masih ada di pinggir jalan nungguin anggkot. Meta yang biasanya pulang bareng gue memutuskan untuk merayakan malam Minggu entah bersama siapa. Gue di biarkan pulang sendirian. Gue dicampakan gitu aja! 
Anjir drama bets!

Semuanya berjalan seperti biasanya sampai tiba-tiba perasaan gue mulai nggak enak, ketika gue sadar “Kok dari tadi penumpang angkotnya cowo semua sih?”. Sambil menaikan tingkat kewaspadaan, gue coba buat ngelirik satu-persatu muka mereka. Ternyata memang benar, muka-muka orang Indonesia itu mencurigakan semua ya? Haha.

Kali ini angkot yang gue tumpangi nggak begitu banyak melakukan bongkar muat penumpang.(BONGKAR-MUAT). Angkot saat itu lumayan lowong, tersisa 2 orang penumpang, termasuk gue. Angkot kemudian berhenti dan naiklah satu penumpang lainnya. 

Disini gue belajar, bahwa percaya sama feeling itu hukumnya fardu ain. ketika penumpang itu naik, sempat terlintas di fikiran  gue “Ini orang mau naik angkot mukanya kok nggak selow banget sih? pake nengak-nengok dulu macem orang mau nyebrang aja”. 
Tapi  gue juga nggak begitu menghiraukan itu, dan kembali sibuk scrolling feed di insteghram.

Nggak lama setelah si muka yang nggak selow itu naik, hal aneh pun terjadi. Katakanlah si orang dengan muka yang nggak selow itu namanya Bleki, dan bapak-bapak setengah baya (yang gue sendiri nggak tau kapan dia mulai duduk di sebelah gue) itu Si om.
 
Posisi duduk gue ada di antara Si om (di sebelah kanan) dan Bleki ( di sebelah kiri).

Bleki : “Mba, bisa tolong tutupin jendela angkotnya nggak? Dingin”.

Karena gue merasa kalau guelah satu-satunya mbak-mbak yang ada di dalam angkot, tanpa mikir apa-apa, gue pun langsung reflex buat nutup jendela itu, dan kebetulan juga, gue adalah orang yang membuka jendela itu sebelumnya.

Si Bleki tiba-tiba ikut bantuin gue buat nutup jendela angkot yang posisinya ada tepat di belakang gue. Jadilah, tangan si bleki sekarang posisinya ada di belakang punggung gue. 

Beberapa detik kemudian si bleki teriak.

Bleki : “Aduh mbak-saya kejepit.. aaak!”

Setelah menyadari ada sesuatu yang aneh, tanpa menunggu lama gue langsung pindah tempat duduk (ke deket pintu angkot, sebelumnya gue duduk di bangku belakang supir ).

Bleki : “Mba tolongin saya mba, geserin jendelanya!“

Gue : “Pak, tolongin dia tuh pak, saya nggak bisa“. Gue mencoba buat minta tolong sama si om dan gue juga sempet curiga ketika si om itu punya ekspresi muka yang bodo amat dan niat nggak niat buat bantuin si bleki geser jendela angkot itu.

Si om : “ Dek, ini bantuin geserin jendelanya! “

Gue bengong beberapa saat liat ekspresi kedua orang itu.

Si om itu cowo, dia tau kalau gue minta tolong karena gue nggak bisa nutup jendela itu, tapi dia malah minta tolong balik ke gue. Dan si Bleki, dia teriak-teriak lebay kayak orang lagi sakaratul maut, padahal gue liat tangannya cuma kejepit jendela angkot, bukan kelindes roda kereta api. Dia terus nyuruh gue buat tanggung jawab.

Bleki : “Mba, tanggung jawab, geserin jendelanya!“
Si om : “Dek, dia minta tolong buat geserin jedelanya”
Gue : “Saya nggak bisa, tolongin sama bapak aja!”

Percakapan itu terus berulang selama beberapa kali. Sampai akhirnya si Bleki berhasil “nyabut” jari tangannya yang katanya kejepit itu sambil dikibas-kibasin, persis kayak orang lagi kesakitan banget. Gue coba buat liat jarinya. Kayaknya nggak ada bekas kejepit, berdarah ataupun lebam. Apa kerena emang jarinya item. buluk. jelek. Kayak orangnya. Eh?

Si Bleki kemudian turun dari angkot sambil mengumpat-ngumpat. Kampretnya, sebelum melangkahkan kaki keluar dari angkot, dia dengan sengaja menyandung kaki gue. Atau lebih tepatnya menendang. 

Setelah dia turun dan bayar ongkos, tiba-tiba dia nge-gedor jendela angkot di belakang gue.

“ANJING LU ! NGGAK MAU TANGGUNG JAWAB”

"Ebuset! Serem abis! Malam minggu macam apa ini?!!" batin gue.

Semacho-machonya mental gue, tetep aja lumer kalo berurusan sama makhluk model kayak gitu mah. Fix sekarang badan gue mulai gemeter ketakutan. Pikiran gue mulai melayang-layang ke hal-hal yang mengerikan lainnya. 

Untuk menutupi semua itu, gue mencoba membuka percakapan sama bapak supir angkot dan si om tadi.

Gue : “Bapak, itu tadi copet kali ya?”
Supir angkot : “ Bisa jadi sih neng..”
Si om : “ Iya, kayaknya copet…” kata dia pelan, dengan senyum kecut mencurigakan.

Nggak sampe semenit si om itupun turun dari angkot.

Supir angkot : “Neng, orang yang barusan turun juga copet, untung nengnya tadi sigap dan sadar ya… hahahhaa”

WATAFAAK?!!

Gue makin speechless dan gemeteran . Kalau si Bleki, gue sendiri udah yakin dia adalah copet, lah si om itu? Astaga…. Gue sama sekali nggak sadar kalau copet itu beraksinya nggak mungkin kalau cuma sendirian doang.

Supir Angkot : “Tadi pas orang pertama yang turun saya udah tau kalau dia copet, terus saya liat kebelakang, ternyata bener itu emang temennya. Dia yang terakhir turun itu biasanya yang punya tugas buat ngambil barangnya. Nanti setelah si korban sadar, dia bakalan bilang kalau orang yang pertama turun itu emang copet, supaya dia nggak dicurigai,. Setelah itu dia bakalan turun nggak jauh dari tempat si orang pertama itu turun. Mereka sering kok operasi di daerah sini, saya sering liat”

Gue : “Ooh gitu ya, Pak..” 

Rasanya gue ingin memaki si bapak supir angkot itu ya Allah, tapi takut dosa. :’( 
minimal dia ngasih kode kek, apa kek, kalau emang udah tau. 

Supir angkot : “Yang penting neng waspada aja, jangan pulang sendirian kalau bisa. Perempuan itu rawan jadi korban“

Gue : “Ya bapak kenapa nggak ikut bantuin kita buat nyegah tidakan pencopetan itu sih, pak? Kasih tulisan segede gaban di pintu angkot “ AWAS COPET ” , biar si copet nggak naik angkot bapak”

Supir angkot : “ nggak bisa lah neng, bisa-bisa saya yang nanti abis digebukin digebukin sama komplotan mereka. Jumlah mereka kan banyak. Supir angkotnya cuma satu ”

Gue : “hmm, bener juga sih”



Gue bersyukur, karena gue masih dilindungin sama Tuhan dari para pencopet lucknut itu, gue kemudia sadar "Gue yakin, Do'a ibu gue ikut ambil bagian dalam keberuntungan gue kali ini". 
-

6 tahun yang lalu, ketika untuk yang pertama kalinya gue ke Jakarta sendirian. Gue nyasar di daerah Kampung Melayu . Gue selalu inhet ibu gue pernah bilang “kalau kamu nyasar, kamu jangan keliatan panik, jangan bilang kamu nyasar juga sama orang lain, bahaya!” makanya niat buat nanya sama orang sekitarpun gue urungkan, apalagi waktu itu udah hampir tengah malem.

Dari kejauhan gue liat ada seorang laki-laki yang sepertinya jalan kearah gue. Gue bersikap seolah  gue nggak melihat dia. Lama-lama dia semakin dekat dengan posisi gue berdiri saat itu.  

Stranger : “Mba tau daerah Menteng Dalem nggak? Saya mau kesana tapi nggak tau jalannya”.

Gue bisa aja bilang nggak tau, dan pergi. Tapi feeling gue nggak ngijinin gue buat pergi. Mungkin juga karena alamat yang dia tanyakan kebetulan adalah alamat ibu gue dan gue juga emang mau kesana.

Gue : “Duh, aku juga nggak tau nih, tapi aku juga mau kesana”
Stranger : “Yang bener mba? Yaudah bareng aja. Tapi nunggu kendaraannya jangan di sini, nggak ada taxi lewat”
Gue : “Oh gitu ya? Pantesan dari tadi nggak ada kendaraan apa-apa”

Gue mengekor di belakang dia.
Singkat cerita, gue sampai rumah dengan selamat. Kita berdua turun di depan sebuah gang. Dia bayarin ongkos taxi. Dia bilang kalau rumahnya juga ada di daerah itu. Kesannya malah gue yang dianterin pulang sama dia. Dia bahkan nganter gue sampai ke depan rumah dulu, sebelum dia jalan menuju ke rumahnya. Gue sempet balik lagi buat liatin dia belok kearah mana. Tapi dia udah ilang. Wallahualam dia sebenernya manusia atau bukan. 

Nggak banyak percakapan antara gue sama dia. Dia cuma ngotot buat bayarin Taxi secara full, padahal gue minta buat patungan.Hal aneh lainnya adalah, sedikitpun gue sama sekali nggak menaruh rasa curiga sama dia. Gue seperti dihipnotis, dan nurut gitu aja buat pulang bareng sama dia.

Daebak!

“Mamah gini-gini juga selalu do’ain anak-anak mamah terus, Put ” kata ibu gue setelah gue certain hal itu.
-
Sepanjang perjalanan pulang, gue terus nginget-nginget keberuntungan apa yang pernah gue alamin selama ini. Kemudian gue terngiang sama kata-kata yang selalu di ucapkan ibu gue, mungkin cuma kata-kata  sederhana dan mainstream, tapi itulah yang selalu dia katakan dan harapkan sama Tuhan untuk anak-anaknya.
Kamu lagi sehat kan?“ 
“Ati-ati ya kalo mau ngapa-ngapain"
“Jaga diri, kamu perempuan”

“Iya mah iya, aku udah gede kok, bisa jaga diri. Mamah aja disitu yang hati-hati. Jangan sampe sakit. Udah dulu ya, aku lagi diluar “

-

“Mamah, ngapain telpon terus? Kan kemaren udah telpon?”
“Tadi mamah abis telpon Aldo, paket telponnya masih. Yaudah kalo kamu lagi sehat, ati-ati ya kalo kerja, kalo mau pergi-pergi juga ati-ati ”

Kalau gue inget percakapan-percakapan itu sekarang, rasanya sedih banget. Gue nggak pernah betah lama-lama telponan sama ibu gue, karena alasan tertentu. Tapi, Nggak sepantesnya gue kayak gitu sama ibu gue.
Siapa yang naro bawang di depan mata gue woy!
Ah udah ah, nggak kuat. T.T

Sekali lagi,

Percayalah, jika kamu merasa sedang beruntung. Itu adalah do'a-do'a ibumu yang dikabulkan Tuhan.

  33 komentar:

  1. Parah nih si bleky
    Abang kok g diajak2

    BalasHapus
  2. Gue pikir pas tangan si bleki di punggung lo, dia jepret tali beha. *apa ini*

    Serem banget ya angkot2 gitu. Gue udah lama banget gak naik angkot, lebih enak naik kendaraan sendiri. Mending kalo naik angkot isinya cowok semua, langsung turun aja, daripada kena copet atau kenapa2 ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjer -_-

      masalahnya, aku nggak bisa bawa motor sendiri. eh kendaraan sendiri itu motor kan ya maksudnya. muehehe
      ya kalau misalkan asalanya nggak cowo semua, tapi tiba-tiba ditengah jalan yang cewe-cewe pada turun gimana? ikutan turun juga?
      susah juga memprediksikannya.

      Hapus
  3. Wah, cerita yang tentang pencopet di angkot itu sama kayak pengalaman adik gua dulu (gua denger dari dia). Modusnya emang sama kayaknya ya, menggunakan "buka kaca jendela angkot" sebagai cara pengalih perhatian.

    Waktu itu, si "copet pertama" bikin ulah kayak orang mau muntah. Dia susah buka jendela di belakangnya, makanya dia minta adik gua (yang duduk di depannya) untuk buka jendela di belakang si adik gua sendiri. Nah, dari situ adik gua udah curiga, dia malah diem aja, sengaja ga bukain, takut barang-barangnya dicopet.

    Merasa dicuekkin, si copet langsung nekat buka jendela di belakang adik gua, dan bukannya muntah, malah cuma ngebuang ludah. That's weird and such a fool moment. Ya udah, dari situ adik gua semakin yakin kalo itu adalah aksi copet. Gak berapa lama, tu copet turun (setelah mengeluarkan makian kasar karena adik gua ga mau nolongin dia buka jendela), dan beberapa meter setelahnya diikutin oleh turunnya dua orang lain, yang entah karena alesan apa, ngelempar tatapan kesel ke adik gua. Kosong deh tu angkot.

    Haha. Fix lah. Adik gua semakin yakin kalo mereka gerombolan copet. Bahkan, setelah itu, si sopir langsung bilang, "Hati-hati Mba, mereka itu tadi pencopet." Sama kayak lo Put, untung ga ada barang yang hilang.

    Mudah-mudahan gara-gara kejadian di atas, next time lo jadi lebih berhati-hati ya, dan gua setuju sama pernyataan lo ini: "percaya sama feeling itu hukumnya fardu ain". Hehe sip lah.

    "Percayalah, jika kamu merasa sedang beruntung. Itu adalah do'a-do'a ibumu yang dikabulkan Tuhan" --> nice quote. Keberuntungan yang lo alami memang ga bisa dipungkiri, ada campur tangan doa seorang ibu kepada Tuhan. Doa ibu itu luar biasa ampuh saat kita membutuhkannya. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi lain lagi kalau modusnya udah pake hipnotis. baru nengok aja kita mungkin bakalan kehilangan kesadaran. kasus kriminal sekarang ngeri-ngeri semua. hmm :(

      Hapus
  4. Ampun deh, cari duit gitu amat yah. Besok lo bawa bedil deh. Tembak aja orang-orang kaya gitu. Mayan kan ngurangin jumlah penduduk.

    Gak mutu yah komen gue, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjay -_-

      bukannya selamat sampai tujuan, nanti malah selamat sampai kantor polisi gagara bawa bedil ilegal.

      iya nggak nyambung, macam warna muka sama leher cabe-cabean.

      Hapus
  5. Gila serem banget ya modus jaman sekarang, kalau niatan mau nolong tapi malah kena copet kan tambah ngeselin. Setuju kalau kita beruntung, mungkin itu salah satu doa ibu kita yang terjawab. gotta love moms :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, minta tolongnya feake pula. kan eeq.

      luvluvluv :*

      Hapus
  6. modus baru ya,
    tapi kalau naek angkot kalau cewek mah emang resiko
    mending kalau terpaksa naek angkot lebih ati2 trus bawa perlengkapan spesial untuk bela diri,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak baru juga sih.

      bawa laptop aja udah berat mz. hmm
      udah bantet tambah bantet ntr.

      Hapus
  7. Doa ibu selalu menyertai kemanapun, dimanapun kita.
    berbeda dengan cerita kebanyakan orang yang hanya mengingat ibu/orang tua saat sedang dilanda kesedihan. kali ini tulisan tentang mengingat ibu saat keberuntungan datang. top mukitop

    BalasHapus
  8. wahaha, goks ini namanya! untung si bleki tangannya kejepit. dan ternyata dia copet. karma telah tertimpa padanya. :D

    btw, gue jadi takut kalau ngomongin ibu. sering pulang malam terus ngebantah kalau dinasihatin. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah dibilang goks..
      itu cuma ekting doang kejepitnya.

      takut sama ibunya, atau takut pas pulang malemnya nih?

      Hapus
  9. Gue juga kadang takut kalau sama komplotan copet gitu. Mau teriak kalau itu copet, takut diapa-apain temen yang lain. Soalnya temen gue pernah ditusuk. Jahat, ya. :(

    Duh, jangan ngomongin ibu kayak gitu dong. Argghhh kan jadi sedih. Gue banyak banget dosa dan belum bisa bahagian. Ya, doa seorang ibu emang manjur sekali. Hiks, mata perih gini kalau inget tentang ibu. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. "diapa-apain" ehe hehe
      bukan jahat lagi itu mah, tapi biadap!

      matamu perih kebanyakan nonton jav sih.

      anime jav maksudnya.

      Hapus
  10. Waduh. Ikut prihatin, Put. Semoga gak akan ngalamin kayak gitu lagi. Dan, kamu bisa lebih waspada untuk ke depannya.

    Iya nih, aku juga kadang kalau ditelfon orangtua, suka ngejawab seadanya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga... amiin.

      dasar.
      kita durhaka. hiks :(

      Hapus
  11. nonton Drama Korea sakpole.

    Aku juga gitu. Di tambah lagi masa period, karena cuma bisa goleran di kasur.. ya sekalian lah nonton drama korea.
    Wqwq


    Hmmm kamu jahaaaat.. kenapa begitu sama ibuuuk :')
    aku se sibuk apa pun bakalan angkat telfon ibu karna kalau sekalinya telfon ngga di angkat atau gimana pasti doi dirumah bingung banget.
    pernah tuh lagi naik taksi, sendirian. Ibu nelfon. Tiba tiba hape mati.

    Ternyata di kampung ibu panik.
    Nangis nangis
    Takut aku kenapa kenapa.

    Padahal batre cuma low.

    Hmm iya... kalau ada keberuntungan.. itu juga nggak jauh jauh dari do ibu yang di kabulkan ^^

    untung ya kamu gak mau nutupin jendela si bleki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bisa konsen nontonnya ya? aku kalo lagi pms gitu rasanya pengen pingsan aja. gerak dikit juga sakit.

      iya sih, kadang kalau kita nggak sengaja misscall, ibu bakalan langsung telpon "ada apa?! kamu nggak kenapa-kenapa kan? lagi sehat kan?"

      untungnya. hehe

      Hapus
  12. (((Ngabisin isi kolkas)))
    Numpang ngakak dulu puti hahahhahaa
    Klo beli pisang goreng abis itu ngedrakor sakpole mah idup serasa surga bener, hiruk pikuk dinlyar sana hempaskan hahahhaha

    Sama banget put, aku juga klo ditelpon kanjeng mami alias ibuk suka gitu, termelow meloow yelow, diingetin ati2 aja bawaannya dah pend mewek huhu
    Palagi oerempuan di tanah rantau sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaboleh numpang, harus bayar.
      iya, setelah dramanya abis, kita jadi ogah untuk menghadapi dunia nyata yang kejham ini...]

      kamu.
      lemah!

      Hapus
  13. Pernah sekali dompetku hampir kecopetan di dalem angkot, tapi dibalikin. Pernah juga kecopetan hape kesayangan, raib entah ke mana. Sedih. Emang benar-benar harus hati-hati bangetlah zaman sekarang. Kebanyakan modusnya, gak modus buat pedekate doang yang banyak. Sedihlah :(
    Ending-nya bikin mau nangis juga, deh. Kujuga sama, gak betah kalo ditelpon orangtua lama-lama karena alasan tertentu. Harusnya kita gak boleh gitu, ya. Hhhh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibalikin sama siapa? copetnya? masih dalam keadaan utuh?
      kok bisa ya? apa copetnya ketauan terus digebukin?

      iya, abisan ibuku kebanyakan curhat, yang bikin aku kadang jadi susah makan. :(

      Hapus
  14. ih serem. Dulu papaku juga pernah kecopetan di angkot. Telponnya ilang ._. Aku juga pernah ditodong waktu jalan-jalan sama sepupu... duh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh? ditodong? ngeri banget ih.
      gimana ceritanya?

      Hapus
  15. anjir... copet sekarang kayak gitu ya beraksinya
    pake cara pengalihan perhatian segala :v
    belajar dari mana tuh para copet :v kan jaman dulu nyopet mah tinggal rampas terus lari sekenceng kencengnya...

    hahaha lama kelamaan copetnya bersekutu sama supir angkot :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukannya jambret ya mz?

      bersekutu sama kutu aja biar kompak v:

      Hapus
  16. Harus kita sadari memang cewek itu jadi sasaran terus. Jaman makin edan euy. mesti pinter-pinter diri ya kita

    BalasHapus
  17. Ngeri juga ya copet diangkot gitu, hue gak habis pikir, untung si bleki kagak gigit ya, trus ada om2 itu kenapa gak mintain telolet?.

    BalasHapus

Tinggalin jejak dulu ya sebelum close tab,.. ^0^
Biar bisa dikunjungin balik \m/

Aku Adalah

Puti Andini

Pengabdi Wifi Telkom...

Bagian dari

Your Lucky Number

Kategori