4 Mar 2016

Boleh Tidak Ya?

Gue kayaknya perlu nulis deh,

Oke langsung aja.
Gue punya seorang sepupu...

Iya gue tau, kalian pasti juga punya sepupu kecuali kalian lahir dari batu yang artinya kalian the one and only. Eh tapi siapa tau kalian masih sodaraan sama golem ding. Coba cek deh.

**kalimat pembuka yang sangat garing sekali**

Jadi gue punya sepupu namanya Rizal, dia anak dari kakaknya ibu gue atau yang sering gue panggil dengan sebutan "uwa".

Rizal itu masih seumuran sama gue cuma beda setahun doang dan beda jenis kelamin tentunya, dia itu laki tulen sementara gue cuma sering ngaku setengah laki.

Gue sama Rizal juga sama-sama anak yatim, ayah kita berdua udah meninggal. Bedanya sama gue, ayahnya Rizal udah meninggal dari Rizal umur 2 tahun dan ayah gue meninggal pas gue udah kelas 3 SD jadi seenggaknya gue masih bisa inget sama rupa alm. Ayah gue.

Sebenernya kalo si Rizal itu sekolahnya "normal" dia mungkin ada 2 tahun diatas gue, tapi karena dia ngambil start sekolah terlalu dini jadinya dia agak dudul gitu. Dia di TK 2 tahun dan di kelas 1 SD juga 2 tahun, alhasil jadilah Rizal satu angkatan persis sama gue. Kalo gue? Hmm dulu ditempat gue gak ada TK, ada sih cuma jauh, makanya gue langsung masuk SD .
#thuglife B-))

Gue asalnya sekolah di Purwakarta, dan Rizal sendiri ada di Banyumas. Karena ayah gue meninggal, pas kelas 4 SD gue pindah ke Banyumas, ke sekolahannya Rizal. Cuman beberapa bulan aja setelah itu gue pindah lagi, lagi, dan pada akhirnya gue memutuskan buat balik lagi ke Banyumas sampe gue lulus kelas 6 SD.

Dulu walau pun gue tinggal serumah sama Rizal dan satu sekolah ples satu kelas pula, untungnya gak satu bangku juga. Gue hidup sama dia layaknya 2 orang yang cuma kenal aja. Kita gak akur-akur banget juga gak rukun-rukun banget. Bentar deh? Apa bedanya yah? Ya intinya kita cuma hidup berdampingan aja udah. Ngobrol seperlunya, becanda sekenanya, bahkan di kelaspun kayak orang asing.

Setelah lulus SD, gue atau tepatnya ibu gue , memutuskan buat balik ke Purwakarta lagi. Gue ngelanjutin SMP-nya dipurwakarta.

Satu tahun berlalu, kehidupan sekolah gue berjalan normal, sampe pas gue naek ke kelas 8 gue di ajak pindah lagi ke Jakarta. Karena gue anaknya penurut dan sayang sama orang tua. Walupun dengan berat hati gue harus ninggalin gebetan gue yang waktu itu tinggal nunggu waktu buat jadiannya doang, gue ikhlas.
Gue lulus SMP tahun 2010 sebagai seorang siswa yang aslinya nggak punya temen tapi untungnya tingkat ke sotoy-an gue dalam pelajaran bikin temen-temen gue kadang gregetan sama gue, jadinya ada beberapa orang yang khilaf yang bisa gue ajak buat jajan somay bareng gue dengan catatan gue yang bayarin
.
Gue pun kembali di monopoli oleh ibu gue :3. 
 "Eh enggak ding, buk maapin, aku jangan dikutuk yah. Soalnya aku masih masih belum ketemu sama Elang buk " #Tear :"((

Iya,  gue balik lagi ke Banyumas buat ngelanjutin sekolah SMK disana bareng sama Rizal. Gue ngambil jurusan akuntansi, padahal sebenernya gue lebih tertarik buat ngambil jurusan mesin tapi setelah gue pertimbangin lagi, gue ini cuma semi laki bukan laki tulen. Sedangkan Rizal jelas ngambil jurusan mesin karena dia laki tulen.

Awal-awal masuk sekolah kekompakan gue sama Rizal udah diuji buat nyiapin segala keperluan buat mos. kadang suka masih canggung karena dia masih belum bisa move on dari temen-temen di SMP yang kebetulan satu sekolahan lagi sama Rizal di SMKnya.

Jujur, sekitar 1 bulan pertama sekolah gue gak bisa jauh-jauh sari Rizal. Gue bakal samperin dia kalo dia ada di jangkauan pandangan mata gue. Mau dia lagi sama temennya kek ata bahkan gebetannya. Gue bakalan ngikutin dia kemanapun kecuali kalo dikelas.

Pernah gara-gara gue pulang sendiri, gue hampir ke bablasan turun dari bis, dan bukannya si Rizal minta mmaf karena ninggalin gue dia malah ngomel-ngomel sama gue. Kan tambah sedih jadinya.
Setahun, dua tahun....

Gue makin deket sama Rizal,
Kita udah biasa ngapa-ngapain berdua, berangkat sekolah berdua, entah itu jalan kaki, atau naek motor, kesiangan bareng, ngompreng truk pas pulang sekolah, beli galon, bayar listrik, masak, makan, tidur, eh. Iyasih gue sering tidur bareng Rizal berdua. Bahkan ada sebagian orang yang bilang kalo gue sama Rizal itu pacaran bukan sodaraan. Tanggepan gue sama Rizal kalo denger hal kayak gitu cuma "ah biarin aja, toh kita kan emang serumah..."

Ada juga tetangga-tetangga yang ngehasut mbah gue buat me mata-matai kedekatan gue sama Rizal yang udah gak lazim ini. Kampret sekali bukan?

Rizal sendiri pacaran sama temen sebangku gue sedangkan gue Jomblo. Sebenernya gue suka juga memanfaatkan kedekatan gue sama Rizal buat dapetin salah satu temennya dia, tapi gagal. Kebanyakan dari mereka taunya gue adeknya Rizal dan mereka gak mau ngambil resiko pacaran sama adek temennya sendiri. Kalo misalkan gue berantem sama cowo gue  ntar malah bikin pertemanan Rizal berantakan. Makanya mereka gak mau.
Itu sih menurut gue.

Kalo faktanya sih,
Kayaknya mereka emang ngeliat gue bukan sebagai cewe deh makanya mereka mikir-mikir lagi mau deketin guenya.
Yaelah.

Di tahun ketiga gue sekolah, gue sama Rizal bak pasangan suami istri yang sedang merencanakan masa depan. Eh enggak ding. Gue sama Rizal mulai tumbuh dewasa, kita sering saling sharing masalah kita sekecil apapun itu. Nggak ada yang terlewatkan di kehidupan gue yang nggak Rizal tau, gitu pun sebaliknya. Rizal sangat mengerti gue. Dia bisa jadi kakak yang baik buat gue, temen, sahabat, bahkan penggati ayah. Dia selalu ada disaat gue butuh dia tanpa gue ngomong. Dia bisa tau kalo gue lagi banyak masalah tanpa gue cerita. Dia selalu setia buat jadi pendengar gue tiap hari. Dia ada buat gue dan gue ada buat dia.

Setelah Ujian Nasional selesai, gue dan seluruh jajaran temen-temen gue mulai giat banget cari lowongan kerja. Alesan kenapa gue lebih milih SMK dari pada SMA karena setelah lulus gue pengen langsung kerja. Gue gak mikirin kuliah karena kondisi orang tua gue yang menyandang single parent dan gak memungkinkan buat biayain gue masuk kuliah. Begitupun Rizal.

Di sela-sela nunggu pengumuman kelulusan, gue sama Rizal rajin banget buat latihan-latihan psikotes buat ngelamar kerja, saling tuker info kalo ada lowongan, ngasih suport dan lain-lainnya. Kita kompak banget, udah gitu aja.

Sampai akhirnya, gue yang duluan keterima kerja di sebuah perusahaan. Itu artinya jelas banget waktu gue bareng sama Rizal udah gak lama lagi. Kita berdua sedih, nangis bareng, berpelukan, guling-guling dilante. Yang itu boong ya teman-teman.

Rizal itu orangnya pantang menyerah, berkali-kali dia ikut psikotest tapi selalu gagal, kadang gagal di tahap wawancaranya, pernah juga di fisiknya yang bikin gagal di medical check up. Kalo diitung -itung Rizal mungkin ngelamar ke lebih dari sepuluh perusahaan. Dan gue malah heran sendiri, dibandingin gue yang cuma iseng nglamar kerja satu kali doang dan langsung keterima.

Tanggal 28 May bertepatan sama hari lagir gue, gue pergi meninggalkan Banyumas, gue resmi jadi anak perantaun, gue resmi melepas status gue sebagai pelajar. 

Beberapa hari setelah gue kerja, Rizal dikampung ngabarin gue kalo dia akhirnya keterima kerja. Gue seneng, tapi sedih. Seneng karena Rizal akhirnya kerja juga, sedih karena gue harus jauh-jauhan sama dia.
Gue di Dadap,Kosambi sedangkan Rizal di Bitung. Dulu gue masih norak, jadi gue gak tau kalo jarak Bitung-dadap itu nggak perlu ditempuh pake kapal Ferry.

Satu bulan berlalu, perasaan aneh mulai menghampiri benak gue sama Rizal. Ada perasaan kehilangan yang nggak bisa dijelasin, ada perasaan sepi yang sama anehnya juga. 

Perlahan gue coba buat alihin perasaan itu ke hal lain. Iya, gue mulai deket sama salah satu temen kerja gue. Rizal tau, tentu aja karena gue cerita. Disitulah mulai jelas banget kalo Rizal ngelarang gue buat deket-deket sama cowo manapun. Rizal selalu ngasih sugest ke gue yang tentang hal jelek si cowo itu. Apalagi cowo yanga lagi deket sama gue emang non Islam. Rizal terang-teranagan ngelarang gue.

Sampe pada suatu ketika, Rizal akhirnya ngomong sesuatu ke gue. Gue awalnya sempet kaget dan gak percaya tapi akhirnya perasaan janggal yang gue rasain pun terjawab juga dengan pengakuan si Rizal ini.
Rizal bilang dia sayang sama gue lebih dari seorang saudara, lebih dari seorang sepupu. 

Waktu itu dia masih pacaran sama temen gue, dan gue pun posisinya udah jadi pacar orang. Tapi, gue sama Rizal juga manggil sayang-sayangan. Antara khilaf dan bahagia itu beda tipis banget.
Semuanya kerasa setelah gue pisah sama Rizal. Perasaan itu tumbuh ketika kita sama-sama nggak tinggal di atap yang sama lagi.

Gue sempet berontak sama apa yang gue rasain, tapi gue juga gak bisa bohong. Kalo gue sebenernya juga Cinta.

Waktu terus berjalan, sampai pada akhirnya kita berdua sadar, kita udah melangkah terlalu jauh..
Gue lupa, siapa yang duluan ngasih jarak tapi yang jelas kita perlahan ngejauh satu sama lain. Hubungan yang gue jqlanin sama Rizal nggak mungkin bisa berhasil. Banyak banget pertimbangan kita waktu itu. Mulai dari restu orang tua, agama bahkan anak kita kelak. Akhirnya gue bertekat buat nyerah.

Sampai sekarangpun gue emang masih sering telponan sama Rizal. Rizal itu ibarat rumah buat gue pulang. Dia selalu bisa bikin gue tenang ketika gue berantakan. 

Sampai gue nulis ini, perasaan sayang gue ke Rizal masih ada tapi udah bukan perasaan menggebu buat pengen memiliki lagi.
Semoga Rizal juga.

Gue juga pernah iseng nanya sama beberapa orang temen gue tentang pernikahan saudara, salah satunya tentang sepupu ini. Ada yang bilang boleh, ada yang bilang juga enggak boleh. Gue juga pernah nekat bilang sama ibu gue tentang kedekatan gue sama Rizal sebelumnya. Rizal juga ternyata diem-diem curhat sama ibunya. Jadi keputusan sementara,  ibu gue nolak tapi ibunya Rizal ngizinin.

Oh iya, ada salah satu ayat Al-Qur'an yang  bikin gue tambah galau. Kalo gak salah gini artinya ;
 "Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu.” (QS. Al-Ahzab: 5)
Entahlah gue bingung.
Jodoh siapa yang tau sih.

  8 komentar:

  1. Jadi gini, kalau ikatan darahny jauuh. Setau gue sih Gapapa. Tapi kalo saudara deket, ya kagak boleh. Mending tanya ke pak ustadz aja dah soal ginian biar lebih jelas.

    BalasHapus
  2. Hmmmm kayaknya sih...
    Bener kata si uben mending tanya pak ustadz aja
    Soalnya abang gak tau
    Maafin abang ya neng

    BalasHapus
  3. Perlu ditulis kok Put, siapa tahu dengan ditulis perasaan lo jadi lebih plong, meskipun jawabannya belom pasti :)

    Jadi si Rizal ini anak dari kakaknya ibu lo? Bisa dibilang deket juga itu pertalian darahnya. Wow, lo udah punya banyak kenangan sama si Rizal ini ya, mungkin kenangan yang bakal terus keinget sampe lo pun akhirnya ngerasa "feeling something" ke dia. (Btw, itu beneran pernah ngompreng truk pas pulang sekolah? :p)

    Iya sih, SMK dipilih karena jenjang pendidikan yang satu itu bisa langsung ready untuk dunia kerja, dengan praktiknya yang bisa diterapkan langsung di dunia kerja. Alhamdulillah banget ya Put, lo ngelamar kerja sekali doang dan langsung keterima. Gua bisa berkali-kali ikut tes baru bisa keterima kerja :p

    Hmh, maaf Put, gua ngga bisa komentar lebih dalem tentang hubungan serius antar sepupu, karena setahu gua itu sebaiknya dihindari. Gua belom pernah nemu kasus demikian yang diridhoi. Tapi ayat Al-Qur'an itu seketika bikin galau ya...
    Yap, jodoh emang siapa yang tahu, ya kan?
    Yang bisa gua bilang cuma: sabar dan perbanyak berdialog sama Allah SWT, semoga dapet pencerahan :)

    BalasHapus
  4. Hai Puti. Baca ini bikin aku senyam-senyum di awalnya. Trus termenung pas mau ending. Kamu sama Rizal deket banget ya. Udah kayak soulmate gitu. Cuma untuk masalah pernikahan itu, aku juga kurang tau, Put. Aku sendiri dulu juga sempat galau. Dulu aku pernah pacaran sama sepupuku, sepupu dua kali sih. Tapi itu backstreet karena takut ketahuan orang rumah. Eh akhirnya ketahuan juga. Yaudah putus :'D Tapi iya memang bener sih, jodoh siapa yang tau. Yang jelas semoga berjodoh dengan yang terbaik ya, Puti :)

    BalasHapus
  5. Assalaamu 'alaikum wr wb.
    Ini saya datang sbg manusia waras yg nyamar jadi kyai...
    Menikah dg sepupu itu boleh.... tapi menurut kebiasaan adat jawa (apalagi Banyumas), biasanya ditentang.... menurut adat jawa, kalau mau menikah ya yg jauh dari sanak famili... ya biasanya sampai di tingkat canggah (angger ora ngerti, kowe meneng baen put)....
    Sekian ceramah dari saya... untuk inpo lebih lanjut, silahkan tanya ke kyai yg sebenarnya...

    Wassalaamu 'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  6. eh, dulu SMK nya dimana puttttt???Bukan di SMKN1 Banyumas kan? Soale kekasihku ada disitu...hihihihy...

    BalasHapus
  7. eh, dulu SMK nya dimana puttttt???Bukan di SMKN1 Banyumas kan? Soale kekasihku ada disitu...hihihihy...

    BalasHapus
  8. Put...
    Gua no comment yaa..
    mau...
    mau...
    ah ga ngerti lagi deh.
    Berat urusan kalo udah Sepupuzone gini.

    BalasHapus

Tinggalin jejak dulu ya sebelum close tab,.. ^0^
Biar bisa dikunjungin balik \m/

Aku Adalah

Puti Andini

Pengabdi Wifi Telkom...

Bagian dari

Your Lucky Number

Kategori